Respon Masyarakat Mengeluh, Pemkab Inhu Bersihkan Tumpukan Sampah

KILASRIAU.com  - Setelah mendapatkan laporan dan keluhan masyarakat di media sosial terkait adanya tumpukan sampah di Simpang 4 Belilas, tepatnya menuju ke arah Jalan Desa Titian Resak Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida, Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama instansi terkait langsung merespon dan bergerak untuk membersihkannya. 

Pembersihan sampah yang diperkirakan mencapai 1 ton lebih  itu langsung dipimpin Indra Taufik, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah dan Peningkatan Kapasitas, didampingi Imron, Kepala Seksi Pengelolaan Sampah dan Pengangkutan berserta para petugas kebersihan DLH Inhu, Kamis (7/2/2019).

"Sampah yang kita bersihkan dan kita angkut itu berasal dari sampah umum atau masyarakat dan juga ada sampah dari Pasar Soegih Belilas," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Inhu Ir Slamet MM.

Dikatakan Slamet, setelah dibersihkan kemudian sampah tersebut diangkut menggunakan mobil angkut DLH Inhu ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batu Canai Di Kelurahan Pematang Reba. 

"Kepada Masyarakat dihimbau untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan hal ini berguna untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, " kata Slamet. 

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Kehutanan ini, menjelaskan kewenangan DLH Inhu terkait sampah adalah dari sampah rumah tangga ke tempat penampungan sementara (TPS). Kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Inhu bertugas dari TPS menuju Tempat Penampungan Akhir (TPA).  Sedangkan Dinas Perdagangan Perindustrian dan Pengelolaan Pasar Inhu bertugas khusus menanggani sampah di kawasan pasar hingga ke TPS. 

"Karena mobil angkut kita berada di sekitar lokasi tumpukan sampah kita bersama intansi terkait langsung merespon keluhan masyarakat setempat," ujarnya.






Tulis Komentar