Ronaldo Terancam Kehilangan Gelar Kehormatannya Portugal

Gelar kehormatan Cristiano Ronaldo akan dicopot? Foto: Sergio Perez/Reuters

KILASRIAU.com - Cristiano Ronaldo terancam kehilangan gelar kehormatan publik di Portugal. Menyusul hukuman atas kasus penggelapan pajak yang baru saja diterimanya.

Megabintang sepakbola itu dinamai sebagai Grand Officer of the Order of Prince Henry pada Januari 2014. Usai Portugal memenangi Piala Eropa 2016, Ronaldo dianugerah gelar lainnya yaitu Grand Cross of the Portuguese Order of Merit.

Namun, citra sempurna Ronaldo tercoreng setelah dinyatakan bersalah karena terbukti menggelapkan pajak saat masih berkarier bersama Real Madrid pada 2011-2014. Pada awal pekan ini, Pengadilan Madrid menjatuhi Ronaldo hukuman 23 bulan penjara dan denda sebesar 18,8 juta euro.

"Kita seharusnya membiarkan mereka yang memiliki kekuatan hukum untuk memutuskan untuk melakukannya dan melihat apakah hukum berlaku atau tidak dalam kasus ini."
Penyerang andalan Juventus itu memang tidak akan mendekam di dalam penjara terkait aturan hukum Spanyol. Tapi Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa menyerahkan keputusannya kepada kanselir orde nasional.

"Hukumnya sangat sederhana: ini tergantung pada kanselir orde nasional untuk melihat apakah sesuatu hal terjadi yang bisa mengakibatkan gugurnya sebuah kehormatan," kata Rebelo de Sousa dilansir AFP.


Meski demikian, status Ronaldo di Madeira, kota kelahirannya tetap utuh. Atas prestasinya, Ronaldo memperoleh Madeira Medal of Merit, medali kehormatan tertinggi di Madeira pada Desember 2014. Bahkan ada sebuah bandara Cristiano Ronaldo di Madeira.

"Di sini di Madeira, Cristiano Ronaldo selalu dilihat sebagai orang yang baik. Dia bukan penjahat. [Kasus penggelapan pajak] cuma interpretasi dari masalah pajak saja. Dia adalah orang Portugal paling bergengsi di dunia," kata pemimpin daerah Madeira. 






Tulis Komentar