Jelang Masa Jabatan Berakhir, Wan Thamrin Tanam Ratusan Bunga Dikomplek Gubernuran Riau

Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, menanam pohon asal daerah Melayu di gubernuran Riau.

KILASRIAU.com - Terkesan dengan Surabaya Berbunga, Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim 'sulap' komplek gubernuran Riau di jalan Diponegoro, Pekanbaru dengan 202 batang pohon asal daerah Melayu.

"Sekarang kan areal kamplek gubernuran Riau banyak yang kosong. Apa salahnya kalau kita isi dengan pohon. Makanya hari ini kita penuhi 202 batang tanaman Melayu," kata Wan Thamrin saat pencanangan tanaman pohon, Kamis (24/1/2019) di komplek gubernuran Riau, Pekanbaru. 

Wan Thamrin menyampaikan, 202 pohon yang ditanam itu meliputi pohon Pulai 75 batang, Ketapang 25 batang, Tanjung 52 batang, Tabi Buya Kuning 10 batang, Rabu Buya Ungu 10 batang, Kayu Manis 3 batang, Kayu Nasi 2 batang, Bintaro 5 batang, Kayu Ara 10 batang, Kenanga 5 batang dan Cempaka 14 batang. 

"Pohon yang kita tanam ini tingginya cuma 40 centi meter sampai 1,5 meter. Dan itu pun tak langsung berbunga, kita tunggu dulu. Karena saya lihat Surabaya Berbunga bagus-bagus sekali bunganya, makanya kita coba tanam di sini," cakap mantan Bupati Rokan Hilir ini. 

Wan Thamrin mengatakan, tanaman pohon itu sama sekali tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), tapi memanfaatkan CSR dari berbagai pihaknya yang diakomodir oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Riau. 

"Tanaman itu tak menggunakan APBD kita (Riau), saya serahkan ke Dinas Kehutanan dan LHK untuk kerjasama dan cari bahan-bahannya (pohon). Itu banyak dicari dari Jawa," bebernya.

Wan Thamrin menambahkan, tanaman pohon ini tidak ada yang istimewa, hanya saja pohon yang ditanam ini bisa menjadi kenangan bagi dia ketika tidak lagi menjabat sebagai Gubernur Riau. 

"Ini hal kecil saja, biar ada kenangan saja. Kalau hidup ini akan bermanfaat bagi orang banyak. Kalau sudah berbunga masyarakat silahkan bermain di sini," pungkasnya. 






Tulis Komentar