Orangutan yang Terjebak di Perkebunan Warga Aceh Selatan Dievakuasi

Evakuasi orangutan (Foto: Dok. Antara Foto)

KILASRIAU.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi orangutan yang ditemukan terisolir di perkebunan warga di Aceh Selatan, Aceh. Orangutan tersebut selanjutnya akan dipindahkan ke Suaka Margasatwa Rawa Singkil. 

"Orangutan atau pongo abelii yang ditemukan terisolasi tersebut dipindahkan atau translokasi ke Suaka Margasatwa Rawa Singkil," kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, seperti dilansir dari Antara, Selasa (15/1/2019). 

Personel Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam Resor 16 Trumon dibantu Tim YOSL-OIC menyelamatkan orangutan Sumatera yang terisolir di Perkebunan masyarakat di Gampong Titi Ropen, Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan. Orangutan Sumatera tersebut berjenis kelamin jantan. 

Usia orangutan ini diperkirakan lebih kurang 30 tahun dengan berat sekitar 90 kilogram. Kondisi saat diselamatkan dalam keadaan sehat dan layak dilepas kembali.

"Translokasi orangutan Sumatera yang terisolir ini guna menjaga habitat satwa dilindungi tersebut. Orang utan Sumatera merupakan satwa liar dilindungi dari kelompok mamalia," sebut dia.

Sapto Aji Prabowo menyebutkan, orangutan Sumatera berstatus kritis karena habitatnya terus menyusut. Populasi orangutan terbanyak berada di Provinsi Aceh.

"Jumlah orangutan Sumatera saat ini diperkirakan sekitar 13.846 individu dengan luasan habitat mencapai 16.775 kilometer persegi," ujar Sapto Aji Prabowo. 






Tulis Komentar