Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 di Pulau Kijang, Pj.Bupati H.Herman di Sambut Antusias Oleh Masyarakat

Sumber foto Prokopim kabupaten Indragiri Hilir

KILASRIAU.com, Pulau Kijang - Bersama ratusan Masyarakat, Penjabat (Pj) Bupati H.Herman SE.MT melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H di Mesjid Jami' Pulau Kijang Kecamatan Reteh, Senin (17/6/2024) pagi.

Pelaksanaan sholat Idul Adha secara berjamaah di awali dengan penyerahan bantuan pembelian karpet program kemitraan Bank Riau Kepri oleh Pj.Bupati H.Herman, SE.MT kepada pengurus Mesjid besar Jami' Pulau Kijang dan penyerahan bingkisan kepada tokoh-tokoh masyarakat.

Sholat Idul Adha 1445 H bertindak selaku Imam H.Muhammad Arfah Hasan, S.Pd, sementara Khatib disampaikan Faturrahman,SE yang turut dihadiri Camat dan Unsur Forkopincam Kecamatan Reteh, Ketua MUI, Alim Ulama dan tokoh-tokoh Masyarakat serta seluruh Masyarakat Pulau Kijang.

Khutbah yang disampaikan Faturrahman, SE menyampaikan hikmah dibalik pelaksanaan Qurban sebagaimana suri tauladan yang dicontoh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha 1445 H, saat dimintai keterangan, Pj.Bupati H.Herman,SE.MT mengatakan, bahwa mengingat selama ini Bupati tidak pernah melakukan sholat Ied di luar Ibu Kota Kabupaten dan ini menjadi pembelajaran pertama.

Ia menambahkan mudah-mudahan tahun berikutnya akan tetap dilakukan seperti ini supaya Masyarakat di Kecamatan sedikit memiliki kembangkan dengan kehadiran kepala daerah di tengah-tengah masyarakat.

"Untuk itu, diharapkan kepada kepala daerah kedepan agar melaksanakan ini secara bergilir di setiap Kecamatan. Karena, antusias masyarakat melihat kepala daerahnya hadir dan melaksanakan sholat di tengah-tengah masyarakat apalagi sholat Idul Fitri," tuturnya.

Sementara itu, Pj.Bupati H.Herman mengatakan di Idul Adha ini pemerintah kabupaten Inhil telah memberangkatkan kurang lebih 650 orang jama'ah Haji asal Inhil tahun 2024 dengan di bagi dengan 3 kolter.

Selain itu pula, Pj.Bupati H.Herman menambahkan bahwa keberangkatan rombongan jama'ah Haji ini menggunakan jalur laut dan menggunakan Dana APBD

"Semua angkutan jama'ah Haji di tanggung oleh pemerintah daerah dari Tembilahan ke Batam langsung ke Saudi. Untuk itu, kedepannya semua biaya keberangkatan akan selalu di biayayai oleh pemerintah. Karena melaksanakan Haji bukan sekedar berangkat saja. Akan tetapi banyak yang harus kita pelajari karena di sana banyak sekali pembelajaran yang baik untuk di bawa pulang," jelasnya.

Terakhir, ia berharap di hari raya Idul Adha ini para Jama'ah Haji yang berkat dan pulang menjadi Haji yang Mabrur.**






Tulis Komentar