Pj Gubernur Riau Serahkan Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Riau

KILASRIAU.com - Sebagai bentuk apresiasi dalam mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbarriau Kepri memberikan Penghargaan Paritana Awards kepada Pemerintah Kota, Kabupaten, Pemerintah Desa dan Perusahaan serta Pelaku Usaha di Provinsi Riau.

Penghargaan Paritarana Awards tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto kepada para pemenang bersamaan dengan Kegiatan Launching Program Perlindungan Untuk Pekerja Rentan (PULUT KETAN) di Balairung Ball Room Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (12/6/2024).

Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto menyampaikan, Piagam Patriana Award ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI dan diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan pelaku usaha yang berskala besar, menengah, usaha sektor layanan publik dan usaha mikro yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Saya berharap penghargan ini dapat memacu motivasi kita semua untuk lebih maju, berprestasi, dan meningkat dalam memberikan perlindungan bagi para pekerja," ujar SF Hariyanto.

Menurutnya, selama ini jaminan sosial ketenagakerjaan masih identik bagi pekerja formal, namun kini jaminan sosial ketenagakerjaan telah mampu menjangkau pekerja rentan melalui pemerintah daerah dan badan usaha.

"Jaminan BPJS Ketenagakerjaan dirasa penting bagi pekerja, karena perlindungan ini dapat meningkatkan rasa aman bagi keluarga pekerja, juga memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan," sebut SF.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin dalam sambutannya menjelaskan jika Penganugerahan Paritrana Award ini adalah wujud apresiasi dan ajang penghargaan kepada Pemerintah Daerah, perusahaan hingga perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan jaminan sosial dengan sangat baik.

“Penerima award dalam ajang ini merupakan pihak-pihak yang memiliki komitmen tinggi dalam memberikan perlindungan kerja di wilayahnya masing-masing, termasuk kepada pekerja rentan. Kami menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya bagi para penerima penghargaan Paritrana Award," ucap Zainudin.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbarriau dan Kepri, Eko Yuyulianda mengungkapkan salah satu indikator dalam penilaian Paritrana Award adalah tingginya kepedulian dan partisipasi aktif semua pihak dalam mendorong terciptanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai, ditetapkan 19 pemenang untuk beberapa kategori, antara lain Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik, Pemerintah Desa terbaik, Usaha terbaik pada 5 sektor yaitu Keuangan, Perdagangan & Jasa, Pertambangan, Manufaktur & Konstruksi, Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan, Pendidikan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) terbaik,” ungkap Eko.

Adapun Penerima Penghargaan Paritrana Awards yaitu, Kategori Pemerintah Kota/Kabupaten yaitu, Kabupaten Bengkalis, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelelawan. Kategori Usaha Besar Sektor Keuangan yaitu BPR Prima Riau Sentosa, PAN Indonesia Bank dan BPR Mitra Artha Mulia. Kategori Usaha Besar Sektor Perdagangan dan Jasa yaitu RS Awal Bros Pekanbaru, leo Anugerah Sukses dan PT Pertamina Maintenance And Construction.

Kategori Usaha Besar Sektor Pertambangan, Manufaktur, Konstruksi yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper Corp dan Tripatra Engineering. Usaha Besar Sektor Pertanian Peternakan Perkebunan Perikanan yaitu PT Huthama Cahaya Langgeng, ADEI Plantation & Industry Kebun Mandau dan PT Tor Ganda Kebun Rantau Kasai.

"Untuk kategori Usaha Besar Terbaik Sektor Pendidikan yaitu Politeknik Caltex Riau, Universitas Muhammadiyah Riau dan Yayasan Abdurrab. Kategori Usaha Kecil Mikro yaitu Vierra Anugerah Pertama. Terakhir, Kategori Pemerintah Desa yaitu Desa Candirejo, Kabupaten Indragiri Hulu," terang Eko.

Tak lupa Eko menyampaikan rasa terima kasih sekaligus mengapresiasi peran aktif seluruh pihak dalam mendukung perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. Ia menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang wajib dilaksanakan. Karena hal itu merupakan hak normative para pekerja untuk mendapatkan perlindungan jaminan social, sehingga diperlukan dukungan dari pemerintah, stake holder dan pihak–pihak terkait lainnya dalam mewujudkan hal tersebut.

"Dengan adanya Penghargaan Paritrana Award ini diharapkan memberi pengaruh positif kepada seluruh pihak, serta menjadi pemicu semangat yang dapat memotivasi untuk terus mendukung implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja. Selain itu, penghargaan ini diharapkan dapat mendukung harmonisasi seluruh regulasi yang ada terkait jaminan sosial dan bagi perusahaan agar mendukung tertib administrasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan," tutur Eko.

Selain penyerahan Penghargaan Paritrana Award, dalam kesempatan tersebut BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis menyerahkan santunan manfaat Jaminan Kematian (JKM) dan  manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada salah satu para ahli waris dari peserta yang mengalami resiko sosial.






Tulis Komentar