Pelabuhan Penyeberangan Roro di Pulau Burung Segera Dibangun Pemkab Inhil

KILASRIAU.com - Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau terus bergulir dan digesa oleh Penjabat (Pj) Bupati, Haji Herman.

Kali ini pembangunan pelabuhan penyebrangan roro yang berada di Kecamatan Pulau Burung segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil.

"InsyAllah akan segera dibangun," kata Pj Bupati Inhil Haji Herman melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, H Afrizal, Kamis (16/5/2025) malam.

Dikatakan Afrizal, Haji Herman berharap pengerjaan pembangunan pelabuhan tersebut bisa terealisasi dengan baik agar dapat dinikmati oleh masyarakat.

Proses pengerjaan proyek pelabuhan tahap pertama sudah dimulai setelah penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung pembangunan pelabuhan tersebut.

Ia pun berharap seiring dengan pembangunan pelabuhan itu, pemerintah provinsi Riau segera membangun akses jalan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pulau burung dan sekitarnya. 

"Harapan kami kepada Pemerintah Provinsi akan ada percepatan untuk akses jalan menuju Kecamatan Pulau Burung," ungkapnya di kediaman rumah dinas bupati inhil.

"Semoga dengan pembangunan pelabuhan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Inhil khususnya masyarakat kecamatan Pulau Burung," sambungnya.

Sementara itu unit pelaksana teknis dibawah kementrian perhubungan melalui kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) kelas II Riau, Avi Mukti Amin mengatakan proses lelang telah selesai dilaksanakan sejak April lalu. 

"Kegiatan pengerjaan pelabuhan roro pulau burung ini memasuki tahap 1, kemaren kami adakan lelang dan per tanggal 3 april 2024 sudah teken kontrak dan pekerjaan sudah berjalan, " terangnya. 

Dijelaskan Avi, Pelaksanaan pekerjaan tahap pertama akan dilaksanakan selama 270 hari kalender kerja dan diperkirakan akan selesai pada akhir Desember 2024 nantinya. 

"Proses pengerjaan pelabuhan roro ini kita bagi menjadi 2 tahapan, tahap pertama ditahun 2024 ini pengerjaan disisi laut dan tahap kedua pengerjaan di sisi darat pada tahun 2025," ungkap Kepala BPTD tersebut.






Tulis Komentar