SMK Global Cendikia Gelar Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan P5

KILASRIAU.com  - Sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk dan dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI untuk melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK), SMK Global Cendikia mulai melaksanakan berbagai program-program SMK PK 2024. Salah satunya dengan menggelar Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan P5, Senin (6/5/2024) hingga Rabu (8/5/2024).

Kepala SMK Global Cendikia, Dr Defi Warman MPd menjelaskan, kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan P5 itu digelar dalam bentuk pelatihan yang diikuti seluruh guru dan tenaga kependidikan SMK Global Cendikia. Pelatihan yang mengusung tema "Kebekerjaan" itu menghadirkan langsung Pengawas Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Yurnida MPd sebagai narasumber.

"Ini merupakan tahun ketiga SMK Global Cendikia menjalankan program SMK PK. Sesuai intruksi dari Kemendikbud Ristek RI, program SMK PK 2024 dilaksanakan dari bulan Mei hingga November mendatang," ujar Defi, Rabu (8/5/2024).

Disampaikan Defi, program SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja. Program ini diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, Disdik, Perguruan Tinggi, Balai Besar Penjamin Mutu Bidang Bangunan dan Listrik, hingga Balai Bahasa.

"Nah melalui kemitraan ini, sekolah akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria," terang Defi.

Setelah tiga tahun menjalankan program SMK PK, lanjut Defi, tahun depan SMK Global Cendikia bisa melakukan pengimbasan ke sekolah sekitar. Dimana SMK Global Cendikia akan memberikan materi, pelatihan hingga program penguatan bagaimana tamatan mampu mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang dikuasai.

"Melalui kegiatan penguatan ini, kami berharap, rapor mutu pendidikan yang menjadi target Kemendikbud Ristek bernilai baik. Mulai dari kualitas pembelajaran, literasi, numerasi, pendidikan karakter, link and match, iklim sekolah hingga keterserapan lulusan ke dunia kerja," ucap Defi.

Selain melaksanakan berbagai program penguatan SMK PK, beber Defi, tahun ini ada program baru dari penerapan SMK PK, yakni siswa magang ke luar negeri yang dibiaya oleh Kemendikbud.

"Nah ini kesempatan besar bagi siswa SMK Global Cendikia untuk merasakan langsung magang di luar negeri. Program magang ke luar ini ada dua tujuan, yakni Jerman dan Jepang. Khusus SMK Global Cendikia, akan fokus pada program magang ke Jepang. Sejauh ini sudah ada 47 siswa sudah mendaftar untuk mengikuti seleksi. Nantinya, Kemendikbud Ristek RI akan memilih 10 siswa dari setiap sekolah untuk merasakan atmosfer magang di luar negeri. Makanya, saat ini para siswa tengah kami berikan penguatan-penguatan materi dan soft skil," tukas Defi.






Tulis Komentar