KPU Inhil Gelar Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Hasil Pemilu 2024

KILASRIAU.com  - Sukses menyelenggarakan pemilu serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyelenggarakan rapat pleno terbuka Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Komisi, di Hotel Top 5 Tembilahan, Kamis (2/5/24).

Penyelenggaraan rapat pleno tersebut langsung di Resmikan oleh Ketua komisioner KPU Kabupaten Inhil didampingi anggota dan disaksikan seluruh partai politik serta tamu undangan.

Ketua komisioner KPU Inhil SamsulMasjan menuturkan bahwa rapat plono penetapan perolehan kursi dan Calon terpilih DPRD Kabupaten Inhil hasil Pemilu 2024 dilaksanakan sesuai Surat KPU-RI Nomor 663/PL.01.9-SD/05/2024 tanggal 30 April 2024, untuk segera melaksanakan pleno penetapan perolehan kursi dan Calon DPRD terpilih dari hasil perolehan suara Pemilu 2024 yang sebelumnya telah ditetapkan KPU.

"Setelah kita sukses melaksanakan pemilu serentak 2024 pada waktu yang lalu sudah ditetapkan bahwa untuk kursi di Provinsi Riau asal Kabupaten Indragiri Hilir terdapat 8 kursi,"  kata Ketua komisioner KPU Inhil Samsul Masjan.

Lebih lanjut, Komisioner KPU Kabupaten Inhil Samsul mengatakan bahwa penetapan perolehan kursi untuk tujuh dapil untuk masing-masing partai politik ialah Dapil satu 8 Kursi, dapil dua 6 kursi, dapil tiga 5 kursi, dapil empat 5 kursi, dapil lima 6 kursi, dapil enam 10 kursi, dan dapil tujuh 5 kursi. Dan untuk total keseluruhan 45 kursi DPRD Kabupaten Inhil 2024-2029.

"Alhamdulillah, kita telah menyelesaikan satu tahapan bagian tahapan akhir penyelenggaraan pemilu tahun 2024 di tingkat Kabupaten Indragiri Hilir. Jadi malam ini kita telah menetapkan perolehan jumlah kursi perolehan masing-masing partai politik dan calon terpilih 45 anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir hasil pemilu tahun 2024," tuturnya.

Komisioner KPU Kabupaten Inhil Samsul menjelaskan, selama pelaksanaan rapat pleno terbuka Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, tidak ada sanggahan dan sengketa dari partai politik. Artinya, jenis pemilihan Kabupaten DPRD Kabupaten Indragiri Hilir ini sebagaimana kita ketahui tadi tanpa ada sengketa baik sengketa administrasi sengketa hasil tentunya ini patut diberikan apresiasi karena selama pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Inhil berjalan lancar dan aman.

"Jadi, pada malam hari ini tugas dan tanggung jawab kami KPU sudah selesai untuk Pemilu yang kemarin. Dan saat ini kami akan berfokus kepada Pemilihan kepala daerah karena pelaksanaan nya sudah tidak lama lagi. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemilih pada pemilu tahun 2004 ini dan segenap masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir atas partisipasinya di samping partisipasi menyalurkan hak pilihnya juga partisipasi dalam menjaga suasana kondusif di daerah kita ini, sehingga pelaksanaan Pemilu tahun 2024 ini dapat kita dilaksanakan dengan aman tertib damai, untuk itu sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik semua," imbuhnya.**






Tulis Komentar