Pesawat TNI AU Bawa Harapan Bagi Masyarakat, Lanud RSA Evakuasi Pasien Natuna

Kilasriau.com - Misi Penerbangan Angkutan Udara Militer (PAUM) Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 TNI Angkatan Udara (TNI AU) ke Pangkalan TNI AU (Lanud) Raden Sadjad (RSA) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), membawa harapan bagi masyarakat Natuna, Minggu (28/4/2024).

Pesawat dari Skadron Udara 31 Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, yang melakukan misi rutin ini mengangkut logistik dan personel ke Lanud-Lanud di seluruh Indonesia. Namun, pada kesempatan ini, pesawat tersebut dimanfaatkan untuk mengevakuasi pasien sakit dari Natuna ke Tanjungpinang menuju rumah sakit yang lebih lengkap di Provinsi Kepri.

Komandan Lanud RSA Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han., menyampaikan bahwa pasien atas nama Bapak Bambang Suryadi, 51 tahun, warga Air Kolek, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, dirujuk ke luar Natuna untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Pasien didiagnosis penyakit ginjal oleh Dokter RSAU Lanud RSA dan membutuhkan penanganan medis yang lebih lengkap.

Evakuasi medis ini dilakukan oleh personel Rumah Sakit TNI AU, dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud RSA dan keluarga pasien. Sri Wahyudi, anak kandung pasien, mengantarkan langsung sang ayah dan menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pihak Lanud RSA.

Sri mengungkapkan bahwa orang tuanya telah menderita sakit sejak satu tahun terakhir terpaksa berjalan menggunakan kursi roda dan akan dirujuk ke rumah sakit Awal Bros di Batam. Kegiatan kemanusiaan ini membawa harapan baru bagi Bapak Bambang Suryadi dan keluarganya untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal dan meningkatkan peluang kesembuhan.

Evakuasi medis ini merupakan salah satu bentuk komitmen TNI AU untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya di wilayah yang terpencil.






Tulis Komentar