Sehari Usai Dilantik, Pj Kades Koto Taluk Langsung Bergabung Dengan Panitia, Sukseskan MTQ

foto: doc. aldhy/kilasriau.com/Istimewa

KOTO TALUK, KUANSING (KILASRIAU.Com) – Sehari usai dilantik menjadi Pj Kades Koto Taluk, Triwan Marlius langsung turun ke desa. Perdana dirinya menyapa warga desa, melalui rapat persiapan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan persiapan safari Ramadhan serta persiapan audiensi Bupati dengan masyarakat Kuantan Tengah bersama panitia lainnya, di Masjid Al Jihad Koto Taluk. Sabtu (23/03/2024).

Triwan Marlius yang sudah 3 periode menjalankan tugasnya sebagai Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) di desa Pintu Gobang, kini ditugaskan di tempat yang baru, juga sebagai Pj Kades di desa Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Dalam rapat persiapan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan persiapan safari Ramadhan serta persiapan audiensi Bupati dengan masyarakat Kuantan Tengah itu, kepada Kilasriau.com Triwan Marlius yang didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Koto Taluk, Harris Rosyadi, mengaku langsung bergabung dengan panitia yang lain, mengingat waktu yang hanya tinggal 1 hari jelang pelaksanaan.

“Iya. Kita berkenalan dan bersilaturrahmi dulu dengan masyarakat. Perkenalan terbatas saja. Disamping itu, tentu kita mengharapkan dukungan masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan desa dan program yang akan dijalankan nantinya," begitu kata Triwan Marlius yang akrab disapa Iwan itu.

"Secara kelembagaan pemerintahan desa tidak ada kekosongan pimpinan/kades. Dalam kepanitiaan, karena sudah resmi dilantik sebagai PJ Kades, bisa berperan mensukseskan acara audiensi dan pembukaan MTQ," timpal sekdes Harris (Adi).

Disamping itu, Iwan juga menyampaikan akan bekerja secara maksimal selama dirinya ditugaskan menjadi Pj Kades untuk desa Koto Taluk sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi nya sebagai Penjabat Kepala Desa.

“Seperti yang selalu disampaikan Bupati Kuansing, Dr. H Suhardiman Amby, Ak.,MM, bahwa Kesehatan masyarakat sudah digratiskan, Pendidikan juga digratiskan alias sudah ditanggung pemerintah. Kini pemerintah tentu akan fokus pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Iwan.

“Kita juga akan berusaha menyerap aspirasi masyarakat dan mengetahui lebih dekat kultur masyarakat disetiap Dusun yang ada di desa Koto Taluk ini,” tambahnya.

Iwan juga menegaskan, sebagai Penjabat Kepala Desa dirinya memposisikan diri sebagai fasilitator. Menurutya, semua masukan dari masyarakat Koto Taluk akan ditampung dan dipelajari.

“Sebab, saya hanya fasilitator antara masyarakat dan pemerintah. Dan marilah bersama-sama kita majukan negeri, dengan saling bahu-membahu,” demikian pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dusun (Kadus) Tobek Panjang (Topan) Desa Koto Taluk, Indra Razendra optimis, kehadiran Pj Kades, Triwan Marlius dapat memberikan perubahan bagi desa setempat. Kepala dusun yang dikenal kritis ini, siap mendukung berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kadus Topan tersebut berharap kedatangan Pj Kades menjadi semangat baru terutama untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa Koto Taluk ke depan. Kadus yang biasa dipanggil Iin ini berharap, silaturrahmi tersebut menjadi energi positif untuk lebih memajukan desa Koto Taluk.

“Menurut kami kedatangan Pj Kades Koto Taluk satu hari usai dilantik Bupati, menjadi atensi khusus bagi kita semua untuk sama-sama memajukan Koto Taluk ke arah yang lebih baik,” begitu kata Kadus Topan Iin.

“Kami mendukung dan siap menyukseskan program Pj Kades, terutama di bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” demikian pungkasnya.*(ald)






Tulis Komentar