Peresmian Gedung Serbaguna SEROJA, Saparman: Bukti Desa Sudah Memberikan Pelayanan yang Optimal Kepada Masyarakat

SUNGAI SIRIH, KUANSING (KILASRIAU.Com) – Pemerintahan Desa Sungai Sirih laksanakan kegiatan buka puasa bersama masyarakat sembari tasyakuran menempati Kantor Desa Sungai Sirih, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, yang baru. Sekaligus Peresmian Gedung Serbaguna "SR" SEROJA. Jum'at (22/03/2024).

Keberhasilan Pemerintahan Desa Sungai Sirih dalam membangun Gedung Serbaguna dan Kantor Desa ini bukanlah pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan, tetapi diperlukan perjuangan, pengorbanan dan kerja keras yang tidak saja dari unsur pemerintahan desa tetapi juga dari seluruh komponen masyarakat desa.

Acara persemian gedung serbaguna dan tasyakuran kantor desa yang dilaksanakan di desa Sungai Sirih dihadiri Camat Singingi, Saparman, ST.,ME, Babinkamtibmas, BPD, BUMDes, Ketua KUD, TP-PKK, Karang Taruna, Lembaga Adat Desa (LAD), Pimpinan BRI sungai Sirih, Pimpinan BRK syariah Sungai Sirih, Linmas, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, beserta warga masyarakat desa Sungai Sirih, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Singingi, Saparman, ST.,ME berharap dengan keberadaan kantor desa yang baru, agar mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan juga bisa mencerminkan sinergi antara aparatur pemerintah dan warga masyarakat dalam pemberdayaan gedung kantor desa sebagai sarana pelayanan publik.

“Semoga rangkaian kegiatan ini dapat menjadi sebuah penyemangat untuk seluruh masyarakat desa Sungai Sirih agar dapat terus mempertahankan kebersamaan dan kekompakannya. Hal ini menjadi bukti kemajuan desa Sungai Sirih,” begitu dikatakan Saparman.

"Begitu juga dengan diresmikannya gedung serba guna ini, mudah-mudahan gedung yang diberi nama gedung serbaguna SEROJA ini bermanfaat untuk masyarakat yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat untuk setiap kegiatan," ujar Saparman.

Perlu diketahui, pemberian nama SEROJA untuk gedung serbaguna tersebut adalah singkatan dari Semangat, Energik, Ramah, Optimis, Jujur, dan Amanah.

Lebih lanjut Camat Saparman menyampaikan, bahwa pada hari ini akan menjadi momentum bersejarah dengan menempati kantor desa yang baru dan diresmikannya gedung serbaguna SEROJA.

"Makna terpenting dari acara ini adalah pemerintahan desa harus melakukan instrospeksi dan evaluasi dalam perjalanan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kehidupan sosial bermasyarakat di desa Sungai Sirih," tambahnya.

Saparman juga mengatakan bahwa, hal ini juga sebagai bukti bagaimana pemerintahan desa sudah memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan sejauh mana peran serta masyarakat dalam bentuk gotong royong dan keswadayaan partisipatif dalam mendukung pembangunan di desa.

“Budaya gotong royong yang sudah tumbuh sejak dulu di masyarakat desa Sungai Sirih diharapkan dapat menjadi motivasi untuk selalu memberikan kontribusi positif demi kemajuan desa seperti sekarang ini,” demikian tandas Camat Saparman.

Diakhir sambutannya, Camat mengucapkan selamat atas ditempatinya kantor desa Sungai Sirih yang baru dan peresmian gedung serbaguna SEROJA, serta mengajak masyarakat untuk bersyukur atas pencapaian pemeritahan desa Sungai Sirih tersebut.

Sementara Kepala Desa Sungai Sirih, Sitas Riyanto dalam sambutannya menyampaikan rasa sangat bersyukur dengan selesainya pembangunan gedung serbaguna SEROJA dan bangunan kantor desa yang saat ini sudah resmi untuk digunakan dan ditempati.

"Semoga dengan dibangunnya kantor desa yang baru ini dapat lebih meningkatkan semangat kerja dan hasil kerja. Serta lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan semakin optimal," begitu kata Sitas Riyanto.

Sitas juga mengatakan, dengan dibangunnya gedung serbaguna SEROJA, segala macam bentuk kegiatan desa dan pemuda akan lebih mudah dilaksanakan. Menurut Sitas gedung serbaguna tersebut bisa difungsikan untuk menunjang kegiatan-kegiatan massal, seperti upacara adat, rapat, seminar, acara resepsi, serta untuk olahraga dan lain sebagainya.

"Semakin maju desa kita, akan semakin sejahtera masyarakat kita," demikian ungkap Sitas.

Acara dilanjut dengan prosesi pemotongan nasi tumpeng oleh Camat didampingi Kepala Desa di depan seluruh yang hadir dalam acara tersebut sekaligus berbuka puasa bersama.*(ald)






Tulis Komentar