Acara Mandi Belimau Besamo Di Hadiri Bupati Siak, Begini Kata Penghulu dan Caleg Nasdem Terpilih Jufrizal. S.Ap

KILASRIAU.COM, Tualang — Acara Mandi Belimau Besamo yang di hadiri Bupati Siak Drs. H. Alfedri. M.si, Camat Tualang Mursal. S.sos, Kapolsek Tualang KOMPOL Arry Prasetyo. SH. MH, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Arizal, Caleg Nasdem Terpilih Dapil III Tualang Jufrizal. S.Ap serta Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kp. Pinang Sebatang yang di adakan di Lap. Pujasera Kp. Pinang Sebatang, Kec. Tualang, Kab. Siak, senin sore (11/03/2024).

Rangkaian acara di mulai dengan pembukaan, di lanjutkan dengan kata sambutan, do'a, dan siraman simbolis Mandi Belimau oleh Bupati dan lainnya.

Dalam sambutanya Bupati Siak Drs. H. Alfedri. M.Si mengatakan bahwa acara Mandi Belimau Besamo atau Petang Megang di Pinang Sebatang merupakan acara mandi belimau terbesar di Kabupaten Siak.

"Kegiatan mandi belimau merupakan budaya yang sifatnya religius. "Saya hadir kesini bukan hanya waktu bupati aja, waktu camat saya sudah ikut prosesi mandi belimau. Hari ini, banyak melaksanakan mandi belimau besamo, tapi ini paling besar dan ramai," ucap Bupati Siak itu.

Alfedri juga menambahkan bahwa dirinya sangat mencintai Kecamatan Tualang ini, maka hadir di kota industri ini. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kampung dan masyarakat karena sudah menjaga tradisi secara turun temurun. Helat bersuci sebelum ramadhan. Kita disunahkan untuk saling memaafkan satu sama lain, tetangga, suami istri untuk saling memaafkan.

 

 

"Kita sangat serius mengembangkan wisata di setiap daerah, jadi saya minta seluruh masyarakat Pinang Sebatang untuk memasarkan wisata sehingga orang datang untuk berkunjung ke Pinang Sebatang. Ini akan menggerakan ekonomi masyarakat, mari sama-sama kita mempromosikan kegiatan ini," tutup Bupati.

Dalam sambutannya Penghulu Pinang Sebatang Arizal mengatakan, potang mandi belimau merupakan agenda tahunan setiap menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

"Ini agenda tahunan, yang disuport oleh Pemkab Siak melalui anggaran yang telah disiapkan. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Siak Drs. Alfredri dan H. Arwin AS mantan Bupati Siak yang telah mensupport acara ini," Pungkasnya.

Saat di wawancarai KILASRIAU.COM, Caleg Nasdem terpilih Dapil III Tualang Juprizal. S.Ap mengucapkan terimakasih kepada Penghulu serta segenap panitia dan masyarakat Kp. Pinang Sebatang yang masih mempertahankan tradisi budaya yang sejak dulu di laksanakan di Kp. Pinang Sebatang.

"Alhamdulillah acara Mandi Belimau Besamo yang di adakan setiap menyambut bulan suci ramadhan berjalan dengan lancar dan sukses, terimakasih kepada Bupati Siak Bpk Drs. H. Alfedri. M.Si, Camat Tualang Bpk Mursal. S.sos, Kapolsek Tualang KOMPOL Arry Prasetyo. SH. MH yang telah hadir, dan saya sangat bangga kepada Penghulu dan seluruh masyarakat yang ikut serta memeriahkan acara Mandi Belimau Besamo di Ramadhan 1445 H tahun ini. Selalu jaga kekompakan dan kebersamaan ini dan jangan sampai kita terpecah belah," tutup Caleg Nasdem terpilih Dapil III dari Pinang Sebatang itu.






Tulis Komentar