Pemkab Inhil Raih Prediket Sangat Baik (BB) dalam Pencapaian Indeks Reformasi Birokrasi

KILASRIAU.com  - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan hasil evaluasi reformasi birokrasi (RB) tahun 2023 . Evaluasi RB dilakukan terhadap 624 instansi pemerintah se Indonesia.

Indeks Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir pada Tahun 2023 yang telah di Publikasikan oleh Kemenpan RB melalui Portal RB Nasional sebesar 71.79 %. Dengan Prediket BB (Sangat Baik) Secara Capaian Nilai Reformasi Birokrasi Naik sangat signifikan dari B (Baik) menjadi BB (sangat Baik), dimana pada tahun 2022 Nilai RB memperoleh 62.19 dan pada tahun 2023 memperoleh Nilai RB menjadi 71.79 mengalami kenaikan 9,6 %

Untuk diketahui Indeks Reformasi Birokrasi menggambarkan sejauh mana perbaikan tata kelola pemerintahan telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah, yang bertujuan pada pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dari KKN, dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Semakin tinggi nilai indeks Reformasi Birokrasi, maka semakin efektif dan efisien pengelolaan tata pemerintahan, bersih dari KKN, dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

Pj Bupati Indragiri Hilir Herman melalui Kepala Bagian Organisasi Setda Kab.Inhil Wanhar S.Sos MSi dalam keterangannya, yang dikutip, Jum’at (16/02/2024), menyampaikan, “Evaluasi RB tahun 2023 mengalami perubahan dengan keluarnya PermenpanRB nomor 3 tahun 2023 tentang Road Map RB dan PermenpanRB nomor 9 tahun 2023 tentang evaluasi Reformasi Birokrasi yang berfokus mewujudkan birokrasi berdampak,"

Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berkomitmen mewujudkan 21 (dua puluh satu) Kinerja Utama RB General Sedangkan dalam pelaksanaan RB Tematik ada 4 fokus tema utama yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan untuk penanganan stunting, dan prioritas Presiden yaitu pengendalian inflasi dan mendorong penggunaan produk dalam negeri.

Hal ini menunjukkan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik melalui perbaikan yang berkelanjutan.






Tulis Komentar