Hadirkan Pengamanan Pemilu Dari Aktivitas Orang Asing, Imigrasi Tembilahan Gelar Rapat TIMPORA

Sumber foto istagram Imigrasi Tembilahan

KILASRIAU.com - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan hari ini gelar rapat koordinasi TIMPORA (Tim Pengawasan Orang Asing) tingkat Kabupaten Indragiri Hilir dengan agenda Pengamanan Pemilu 2024.

Kegiatan rapat TIMPORA ini dihadiri oleh unsur Kesbangpol, KPU, Kemenang, TNI, POLRI, BIN, BAIS, Kejaksaan, SATPOL PP,KSOP, Bea Cukai, Balai Karantina dan Kesehatan, Disdukcapil, Dinas Pendidikan, Disnaker, Disparporabud, dan Dinas Perhubungan.

Agenda utama dalam rapat koordinasi ini adalah melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 dari aktivitas Orang Asing. Sebagaimana dalam Undang - Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa hanya WNI sebagai Penduduk Republik Indonesia yang memiliki hak pemilu, sehingga kegiataan keterlibatan Orang Asing perlu dicegah dan diwaspadai.

Kegiatan Rapat TIMPORA dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan, Nanang Mustofa. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa sinergitas antar instansi yang tergabung dalam Anggota TIMPORA menjadi sangat penting dalam upaya melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir terutama dalam mendukung stabilitas pelaksanaan Pemilu 2024.

Kakanim menyampaikan paparan terkait kebijakan Keimigrasian terkini serta isu-isu strategis terkait pengawasan orang asing yang mungkin berpotensi terjadi dalam masa Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir diantaranya adanya orang asing yang ikut melakukan pemungutan suara, Jurnalis Asing atau Pengamat Asing yang melakukan kegiatan selama masa Pemilu 2024.

Kegiatan rapat lalu dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta Rapat TIMPORA tentang teknis pengawasan dan pengamanan terhadap Orang Asing, serta pertukaran informasi dalam rangka deteksi dini dan pengamanan pemilu dari aktivtias Orang Asing.

"Kita harapkan melalui sinergi antar instansi pada forum rapat TIMPORA pada hari ini , dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan pemilu, terutama dari keterlibatan dan aktivitas Orang Asing" ujar kakanim sebelum menutup kegiatan rapat.






Tulis Komentar