Pasang Baleho Anggaran Pendapatan Belanja Desa/APBDes, Ini Penjelasan Kades Baung Rejo Jaya

pemasangan baliho rencana Apbdes sebagai bentuk transparansi pemdes ke publik

KILASRIAU.com  - Pemdes Baung Rejo Jaya, Kecamatan Pelangiran melakukan pemasangan baliho Anggaran Pendapatan Belanja Desa/APBDes di depan Kantor Desa, Jum'at (17/3/23)

Pemasangan ini sebagai bentuk transparansi kepada publik. Kemudian dalam baliho tersebut, terlihat infografik APBDes secara rinci mulai dari Pendapatan Bantuan Keuangan dari APBD Kabupaten, Dana Desa, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi, Alokasi Dana Desa, dan Bantuan Keuangan Provinsi.

Dari pembelanjaannya meliputi Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak.

"Intinya, Pemasangan baliho ini bertujuan agar masyarakat mengetahui segala pengalokasian, penggunaan hingga rincian anggaran kegiatan yang telah direncanakan oleh Pemerintah Desa secara jujur dan transparan. Sehingga masyarakat bisa ikut memantau dan mengawasi secara langsung," jelas Ghufron kades Baung Rejo Jaya.

Selain itu, di pasangnya baliho ini dalam ukuran besar supaya masyarakat tahu tentang anggaran yang akan digunakan. Kemudian pihak BPD dan lembaga desa lainnya seperti Karang Taruna, LPMD, PKK dan sebagainya untuk membantu mengawasi APBDes sebagai kontrol sosial.

"Kita menyadari bahwa yang mengawasi APBDes bukan hanya masyarakat pada umumnya, tetapi melibatkan juga LKD (Lembaga Kesejahteraan Desa. Maka dari itu saya mengajak seluruh masyarakat terus mendukung program pemerintah agar apa yang menjadi cita-cita kita semua dapat berjalan dengan lancar," ucapnya. 
 






Tulis Komentar