Ketua PPS Koto Taluk Lantik KPPS, Mertha: Jalankan Amanah Ini Dengan Penuh Tanggung Jawab

Fot: Penandatanganan Fakta Integritas Oleh Perwakilan Ketua KPPS di Desa Koto Taluk. Dok.kilasriau.com (istimewa)

KOTO TALUK (KILASRIAU.Com) - Penyelenggara Pemilu 2024 tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Koto Taluk mengadakan pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS). Kamis (25/01/2024) pagi, di halaman Kantor Kepala Desa Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Acara pelantikan KPPS Desa Koto Taluk ini dihadiri oleh Panwaslu Desa, Domi Arya Saputra, Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Koto Taluk, Endripon, Ketua beserta anggota KPPS se Desa Koto Taluk, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/KT jajaran Kodim 0302/Inhu, Serda Marwis.

Sebelumnya pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2019, jumlah TPS yang dimiliki desa Koto Taluk sebanyak 12 TPS, namun pada Pemilu Tahun 2024 bertambah sebanyak 3 TPS sehingga menjadi 15 TPS yang tersebar di 8 RW yang terbagi dari 4 dusun dengan jumlah DPT sebanyak 4.048 pemilih.

Pelaksanaan acara Pelantikan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan setelah itu pembacaan SK Kelompok Panitia Pungutan Suara (KPPS) oleh ketua PPS, Mertha Depella, disusul dengan pengambilan sumpah yang didampingi oleh Rohaniawan, Rori Kresna Hade. Setelah itu penandatanganan berita acara yang diwakili ketua KPPS.

Ketua PPS Desa Koto Taluk, Mertha Depella berharap kepada semua KPPS untuk bekerja sama dengan team dan harus konsisten dalam mengerjakan tugas kepanitiaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

"KPPS adalah merupakan ujung tombak dari kesuksesan pemilu 2024.Tugas mulia ini memerlukan dedikasi, ketelitian, dan kesungguhan dari setiap anggota KPPS," begitu kata Mertha.

"Hari ini, kita bukan hanya sekedar melakukan pelantikan KPPS, tetapi juga memaknai rasa tanggung jawab besar yang harus diemban dalam memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, jujur, dan adil," ujar Mertha.

Mertha menghimbau dan berharap pada hari H pelaksanaan pemilu nanti, yakni tanggal 14 Februari 2024 nanti, bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

"Saya mengajak untuk menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab, tanpa memandang perbedaan, dan selalu menjunjung tinggi prinsip keadilan" 

"Semoga Pemilihan Presiden dan wakil presiden dan pemilihan anggota legislatif 2024 berjalan lancar tanpa kendala sedikitpun, sebagaimana seperti yang kita semua harapkan," tuturnya penuh harap.

Mertha juga menyampaikan bahwa, setelah kegiatan ini (Dilantiknya Ketua KPPS. red) akan dilanjutkan untuk pembekalan dan bimbingan dalam pengisian aplikasi sirekap.

"Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini selesai, nanti akan dilanjutkan dengan pembekalan dan bimbingan teknis untuk pelaksanaan pemungutan suara dan pengisian aplikasi Sirekap oleh KPU, melalui PPK Kuantan Tengah," demikian Ketua PPS Desa Mertha Depella menyampaikan.

Sementara Pj Kepala Desa Koto Taluk, Endripon dalam sambutannya menyampaikan, agar dalam bertugas nanti bersungguh-sungguh dan teliti sehingga tidak menimbulkan masalah setelah pemungutan suara.

"Kami sebagai kepala desa menggantungkan harapan suksesnya pemilu 2024 terkhusus di Koto Taluk," begitu kata Endripon.

"Suksesnya Pemilu, tergantung KPPS. Maka hindari segala sesuatu yang akan menimbulkan masalah di TPS" ujarnya berpesan.

"Sesuai arahan Bupati Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM, Sukseskan Pemilu di Kuansing secara jujur dan Adil. Tetap semangat dalam bekerja," tutup Kepala Desa Koto Taluk, Endripon menyampaikan.

Pelantikan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Koto Taluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau ini berjalan lancar.*






Tulis Komentar