Bupati Kuansing Prihatin Terhadap Bencana Banjir yang Melanda Berbagai Desa di Setiap Kecamatan

INUMAN (KILASRIAU.Com) - Bupati Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Amby, AK.,MM merasa prihatin sekali dengan kondisi di beberapa Desa dengan ratusan rumah yang terdampak banjir karena bencana alam yang melanda desa-desa yang ada di setiap kecamatan. Dimana, pasca banjir masih banyak warga yang tidak bisa melaksanakan rutinitasnya untuk bekerja disebabkan membersihkan rumah dan tempat bekerja yang disebabkan banjir tersebut.

Hal itu diungkapkan Bupati Suhardiman saat membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, di halaman Kantor Camat Inuman. Rabu (24/01/2024).

Dengan demikian, Bupati Suhardiman mengerahkan tim BPBD untuk menanggulangi kekurangan sembako untuk dibagi-bagikan ke masyarakat yang terdampak tersebut, seperti beras dan berbagai bahan pakan lainnya.

Disamping itu, dalam acara pembukaan Musrenbang di Kecamatan Inuman tersebut, Bupati Suhardiman juga menyampaikan 9 item usulan yang disampaikan Camat Inuman dalam Musrenbang itu. Diharapkan agar camat merekomendasikan urutan yang paling prioritas.

“Usulan prioritas yang disampaikan camat cukup banyak, ada sembilan usulan. Dari usulan tersebut, kami akan bawa ke kabupaten, dan mudah-mudahan nanti bisa tertampung pada anggaran 2025. Jika tidak termasuk, nanti kami masukkan kembali pada tahun berikutnya,” ujar Bupati terkait usulan yang disampaikan Camat Inuman tersebut.

Kendati demikian, Bupati menyarankan agar usulan prioritas kecamatan juga harus ada usulan pengembangan ekonomi kerakyatan dan peningkatan mutu pendidikan.

Dimana, Bupati Suhardiman lebih mengutamakan bidang kesehatan, dan kontruksi jalan, terutama jalan di pedesaan yang menjadi akses jalan masyarakat untuk menunjang perekonomian, begitu juga halnya dengan pelayanan kesehatan.

"Kepada bidan desa agar ditugaskan untuk selalu melayani dan selalu cepat tanggap khususnya kepada ibu hamil dan anak-anak sehingga kesehatan masyarakat bisa terpantau maksimal. Apalagi pasca banjir saat ini," ujar Bupati.

Sementara Camat Inuman, Purnama Putra, SP mengucapkan terima kasih kepada Bupati Suhardiman Amby yang telah hadir untuk membuka Musrenbang Kecamatan Inuman dan berharap agar Bupati memberikan perhatian terhadap pembangunan di kecamatan Inuman.

“Semoga tahun 2025, Kecamatan Inuman mendapat perhatian dalam pembangunan, baik itu pembangunan fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Sedangkan usulan Kecamatan Inuman yang menjadi skala prioritas antara lain, Rehabilitasi atap-atap Sekolah Dasar (SD) yang ada di kecamatan Inuman, dan Kantor Kepala Desa yang belum memiliki Kantor.

Dalam Musrenbang Kecamatan Inuman tersebut, tampak dihadiri, Anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli, Kaban, Kadis, Kabag, Kabid, Camat, Kades, BPD, Kepsek dan Tokoh Masyarakat.*






Tulis Komentar