Dandim Inhil Bersama Forkopimda Ikut Rapat Komsos Melalui Video Conference

KILASRIAU.com - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M. Han., bersama Forkopimda kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti Rapat Komunikasi Sosial (Komsos) terkait perubahan iklim yang di selenggarakan oleh Markas Besar TNI Angkatan Darat dan di ikuti seluruh jajaran melalui Video Conference, Senin (22/1/2024).

Dengan tema "TNI Siap Bersama Rakyat Menghadapi Dampak Perubahan Iklim Global"., Komsos dengan Aparat Pemerintah tersebut dipimpin oleh Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. yang di hadiri oleh Pj Bupati Inhil H. Herman, ST., MT., Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M. Han., Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan, S.I.K., M.I.K., diwakili Kabag Log Polres Inhil Kompol AR Tarigan Gersang, S.Sos., M.H., Kejari Inhil, Kaban Kesbangpol Inhil HM Arifin, S.Sos,MM., di Makodim 0314/Inhil.

Pada sambutannya Aster Kasad Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. mengatakan perubahan iklim global saat ini merupakan tantangan serius yang dihadapi oleh seluruh umat manusia.

Perubahan iklim seperti kenaikan suhu rata-rata bumi mengakibatkan perubahan pola cuaca yang ekstrem sehingga terjadinya pemanasan global dan naiknya air di permukaan laut.

Fenomena ini dikatakan Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. tidak hanya berdampak pada lingkungan, namun juga merambah pada sektor vital kehidupan seperti pertanian, perikanan, pangan dan kesehatan.

"Secara tidak langsung perubahan iklim ini akan berdampak kepada stabilitas keamanan, maka untuk menghadapinya perlu kolaborasi yang erat antara TNI AD dan Aparat Pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat dari dampak bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi," ujar Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk bersama mempersiapkan diri dengan menciptakan trobosan-trobosan kewaspadaan, sehingga menjadi pondasi yang kokoh dalam mengatasi tantangan untuk keberlangsungan hidup generasi kedepan.

Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. mengharapkan dengan dilaksanakannya Komsos tersebut mampu mewujudkan kolaborasi bersama antara Aparat Pemerintah, TNI AD dan masyarakat dalam menciptakan sinergitas untuk menghadapi perubahan Iklim.

"Semoga kegiatan Komsos ini menjadi momentum untuk saling bersinergi memberikan kontribusi yang positif dalam mengawal perencanaan pembangunan tata ruang daerah dengan ruang wilayah pertahanan yang tangguh untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutupnya.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M. Han., menuturkan perubahan iklim telah menjadi isu yang paling mendesak yang dihadapi berbagai belahan dunia saat ini. Dampak dari perubahan itu juga turut dirasakan di kabupaten Inhil.

" Semoga dengan Komsos ini lebih meningkatkan sinergitas kita dalam mengatasi dampak yang diakibatkan oleh perubahan iklim," pungkasnya.






Tulis Komentar