Pj Bupati Inhil Herman Ikut Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 Secara Virtual

KILASRIAU.com – Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir, H. Herman, SE, MT, mengikuti arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024 secara virtual di Ruang Zoom Meeting, Diskominfo – PS, Senin, (15/01/2024).

Pj. Bupati Inhil mengikuti rakor bersama perwakilan Forkopimda didampingi OPD terkait, Kepala BPS serta Kepala Perum Bulok Inhil.

Dalam arahannya Irjen Kemendagri Tomsi Tohir menyampaikan fokus dari rakor hari ini yaitu kenaikan harga dan mengantisipasinya, “Setiap Senin kita melaksanakan rapat inflasi sebagai evaluasi bahwa ada beberapa hal yang tumpang tindih secara terus menerus. Kita berfokus pada kenaikan harga, yang kedua adalah mengantisipasi,” ucapnya.

Tomsi Tohir menyampaikan, ia ingin sebelum harga komponen utama penyebab inflasi mengalami kenaikan, sudah ada antisipasinya. Ia tambahkan, janganlah baru bertindak setelah kejadian.”ungkap Irjen

Terkait hal tersebut, Penjabat Bupati Inhil, H. Herman mengatakan, “Inflasi di Inhil saat ini masih relatif stabil, namun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. “Dari catatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), ada kenaikan harga untuk bawang putih dan daging ayam ras, sedangkan cabai dan bawang merah harganya masih stabil,” ujarnya.

Pj. Bupati juga menekankan, Pemkab Inhil akan terus melaksanakan program-program dalam rangka pengendalian inflasi sacara berkelanjutan, seperti pasar penyeimbang dan pasar murah. “Kita berharap di Indragiri Hilir tidak terjadi lonjakan harga pangan baik pada saat hari-hari besar keagamaan maupun hari-hari tertentu, sehingga harga tetap stabil dan daya beli masyarakat tetap terjaga,” kata Pj. Bupati

Pj. Bupati H. Herman juga menyampaikan Upaya Konkrit yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dalam Penanganan Inflasi, di antaranya Melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah dalam rangka mengantisipasi dampak banjir dan tingkat curah hujan di Kabupaten Indragiri Hilir, melakukan sidak pasar, meninjau dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak banjir dan upaya lainnya dan selalu berkoordinasi dengan unsur Forkompinda dan pihak terkait lainnya.






Tulis Komentar