BPJS Ketenagakerjaan Rengat Berikan Pelindungan kepada peserta Pelatihan Barista & Pembukaan pelatihan security

KILASRIAU.com, Rengat – Bupati Inhu  membuka secara resmi  Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi para pencari kerja yang ingin menambah Sumber Daya Manusia yang ditaja oleh  Dinas tenaga kerja (Disnaker) Pemerintah Inhu Senin (11/12/2023 ) sore.

Kepala Dinas Tenaga kerja ( Disnaker ) Inhu, Rengga Dwi Bramantika mengatakan kegiatan pelatihan berbasis kompotensi sesuai dengan permenaker Nomor tahun 2014 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan kompetensi.

Ada beberapa pelatihan  berbasis kompetensi  yang laksanakan yakni  kejuruan  barista,tata boga yang di mempraktekkan langsung pembuatan roti dan kue, juga dilatih cara pembuatan kue tradisional berupa kue hasida,kue anti rupe, anti rase, kue nage berarak dan haluan kates dengan tujuan untuk melestarikan kue kue tradisional khas melayu Indragiri Hulu.

Peserta pelatihan ini berasal dari Kabupaten Inhu sebanyak 76 orang yang terdiri dari 16 orang pelatihan tata boga, pelatihan untuk barista sebanyak 16 orang dan untuk pelatihan security 44 orang.

Sedangkan pelaksanaan  pelatihan security ini dilaksanakan selama  14 hari mulai tanggal 11 – 24 Desember 2023 tepatnya di Pekanbaru bekerjasama dengan PT.Merpati Garda Sakti, sementara pelaksanaan pelatihan  barista dan tata boga dilaksanakan selama 7 hari. Untuk tempat pelatihan kejuruan tata boga dilaksanakan di BLK Air Molek, dan pelatihan kejuruan barista di Disnaker Inhu.

BPJS Ketenagakerjaan mengambil peran dengan mendukung kegiatan ini, dengan melindungi peserta dengan Program Jaminan Sosialnya.

Di tempat terpisah Rulli Jaya Santika selaku Kepala Kantor Cabang mengutarakan “Karena menurutnya, diselenggarakan  berbagai pelatihan ini  guna untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memperhatikan kebutuhan lapangan kerja,sehingga dengan penyiapan SDM yang baik melalui pembekalan keterampilan diharapkan akan semakin banyak terserap lapangan kerja dan mengikis angka pengangguran di Inhu. Dan tidak lupa peserta kegiatan ini juga perlu perlindungan selagi seseorang melakukan kegiatan ekonomi” katanya.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi juga menambahkan bagi mereka yang sudah kompetensi jangan mencari kerja dengan orang lain tapi membuka usaha sebagaimana program pemerintah Inhu telah mempermudah pengurusan perizinan bagi pelaku usaha. Disamping itu, Bupati Inhu  berharap kepada  perusahaan di Inhu  yang membutuhkan tenaga kerja agar mengutamakan tenaga kerja lokal sesuai dengan kompetensinya.






Tulis Komentar