Suara Gemuruh Muncul di Langit Natuna Saat Pesawat Tempur F-16 TNI AU Melintas

Kilasriau.com - Langit Natuna di ujung Utara NKRI bergemuruh dengan suara mesin pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU yang multiperan berkecepatan supersonik melintas di udara. 

Ratusan mata memandang dengan kagum saat jet tempur tersebut tampil dalam acara Open Base di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti oleh ratusan warga, termasuk pelajar dan mahasiswa Kabupaten Natuna.

Pesawat tempur F-16 merupakan salah satu kebanggaan dari TNI AU. Dengan kecepatan dan kecanggihan teknologi yang dimilikinya, pesawat ini mampu menaklukkan langit dengan begitu gagah. Tidak heran jika kehadirannya selalu menjadi sorotan utama dalam setiap acara penerbangan.

Pada kegiatan open base ini, masyarakat berkesempatan untuk melihat secara langsung static show pesawat tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Helikopter AS-332 C1e Super Puma TNI AU dari Skadron Udara 6, Lanud Atang Sendjaja, Bogor dan Alutsista Oerlikon Skyshield dari Denhanud 477 Kopasgat Natuna.

Komandan Lanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han, dalam keterangannya mengatakan, kegiatan open base merupakan bagian dari melaksanakan patroli di wilayah udara Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang bagi Lanud RSA untuk meningkatkan minat cinta dirgantara bagi pelajar dan warga Natuna melalui Binpotdirga Lanud RSA.

 

"Acara ini juga salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat Natuna tentang peran TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI," katanya.

Danlanud RSA berharap dengan adanya open base di Lanud RSA ini dan memperlihatkan alutsista TNI AU dapat menginspirasi para pelajar untuk tertarik pada bidang kedirgantaraan serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia.

“Siapa tahu, di antara adik-adik disini ada calon-calon pilot atau teknisi pesawat tempur TNI AU yang lahir dari kegiatan open base ini,”ujarnya.

Antusiasme masyarakat Natuna terhadap kegiatan open base ini sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang memadati area open base Lanud RSA dan dimeriahkan lagi pembagian doorprize berupa merchandise eksklusif seperti topi, gantungan kunci, dan stiker dengan gambar pesawat TNI AU, hadiah ini menjadi menarik yang disambut antusias oleh para pengunjung. 

"Senang bisa melihat pesawat TNI AU secara langsung. Ini pengalaman pertama kali saya masuk di Lanud ," kata Setya, salah satu pelajar yang mengikuti kegiatan open base di Lanud RSA.

Open base diikuti dari peserta murid-murid Sekolah TK Angkasa Lanud RSA yang didampingi oleh guru dan orang tua berkesempatan berfoto bersama pilot di depan pesawat TNI AU.

Dalam kegiatan ini juga diramaikan dengan stand-stand bazar dari Puskopau Lanud RSA,  PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud RSA, Skadron Udara 52, Satrad 212 Ranai, Denhanud 477 Kopasgat, dan Basarnas serta UMKM Warga Masyarakat Natuna.

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M.Si, dan Sekda Natuna Wijanarko Varianto, SE, beserta jajaran Forkopimda Natuna, yang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.






Tulis Komentar