Buat Camilan Manis dan Gurih Yang Berbahan Dasar Buah Pisang

KILASRIAU.com  - Buah Pisang merupakan makanan yang banyak digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia tidak terkecuali masyarakat kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) - Riau. 

Dimana banyak para pengusaha jajanan maupun ibu-ibu rumah tangga menjadikan buah pisang ini dibuat sebagai bahan olahan camilan. 

Salah satunya adalah camilan Cengkodok Pisang yang banyak di gemari oleh masyarakat. Selain terkenal dengan nama cekodok pisang, camilan ini juga memiliki beberapa nama lain seperti kuih kodok, jemput-jemput, atau cucur pisang dan masih banyak lagi. 

Di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Cengkodok mempunyai cita rasa manis dan tekstur yang lembut di dalam dan garing di luar. Bukan hanya itu, ciri khas cekodok pisang juga terletak pada aromanya yang wangi dan sedap. Sajian cekodok pisang ini sangat cocok disantap sebagai camilan ringan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. 

Selain pisang, bahan-bahan lain yang digunakan juga sederhana dan mudah didapat. Cara pengolahannya juga praktis dan mudah dibuat. Bahkan Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat camilan manis yang satu ini. 

Cara  membuatnya bisa pakai pisang apa saja. Pisang raja, pisang pipit, atau yang lainnya. Yang penting pisang matang dan manis. Siapkan wadah dan masukkan bahan. Aduk sampai tercampur rata. Tutup adonan dan diamkan minimal 30 menit. Aduk adonan yang sudah menjadi lembut. 

Goreng dengan minyak panas sedang dan api sedang. Jika sudah mengembang, berwarna dan terasa garing silakan diangkat. Dinikmati dingin enak, tapi lebih nikmat disantap ketika hangat. 

Adapun bahan yang dibutuhkan meliputi 450 gram pisang matang apa saja 200 gram tepung terigu protein rendah 50 gram gula pasir, bisa ditambah 1/4 sdt garam 1/2 sdt baking powder 100 gram kelapa parut 100 ml air 1 sachet kecil vanili bubuk Haluskan pisang matang.(Adv) 






Tulis Komentar