Kue Satu Kacang Khas Tembilahan Selalu Tersedia Saat Perayaan Hari Besar

KILASRIAU.com- Makan camilan di Inhil sangat banyak dan sering di sajikan saat perayaan keagamaan, maupun acara besar lainnya.

Karena itu, masyarakat Inhil banyak kreasi kue kering yang biasa disajikan saat Lebaran, ada salah satu kue tradisional paling legendaris, yakni kue satu kacang.

Kue satu memiliki tekstur renyah dan rasa gurih kacang hijau yang khas. Kue satu terbuat dari kacang hijau tanpa kulit dan gula. Warna putih terjadi setelah kacang hijau dijemur atau dioven.

Makanan ini umumnya dikenal sebagai kue tradisional di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Di Kabupaten Indragiri Hilir, kue tersebut biasanya disajikan pada hari-hari raya, seperti Lebaran, Natal, dan Imlek.

Disebut demikian karena bahan utamanya adalah kacang, yaitu kacang hijau, dalam bentuk tepung yang telah dipadatkan.

Kue satu populer karena rasanya yang enak, lumer di mulut, awet disimpan lama meski tanpa pengawet buatan, tanpa bahan kimia, kandungan gizi yang baik, dan kaya serat. Ada juga yang menambahkan vanili sebagai pengharum.

Penambahan vanili bisa diketahui dari aromanya. Biasanya vanili jarang digunakan, karena akan menambah biaya produksi kue ini. (Advertorial)

 






Tulis Komentar