Ketua DPRD Natuna Menghadiri Acara Panen Raya Cabai di Desa Air Mali

Kilasriau.com - Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar, ikut serta menghadiri panen raya cabai di Desa Air Mali, Kecamatan Bunguran Utara (Kelarik), Kabupaten Natuna, pada Kamis 2 November 2023 siang.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar bersama Wakil Bupati Rodhial Huda serta tamu undangan yang hadir, bersama-sama melakukan pemanenan cabai perdana milik kelompok tani cabai di Desa Air Mali.

Di sela-sela itu, Amhar mengatakan, mudah-mudahan dengan adanya pertanian cabai di Desa Air Mali, bisa membantu perekonomian masyarakat setempat.

“Terutama bagi para ibu-ibu, ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi keluarganya. Minimal dapat membantu untuk membeli kebutuhan dapur,” kata Daeng Amhar.

Dilanjutkan Amhar, dengan penuh harap, agar pertanian cabai yang di garap oleh kelompok tani di Desa Air Mali, Kecamatan Bunguran Utara dapat berkelanjutan hingga kedepannya.

“Saya berharap kedepan hasil panennya semakin melimpah. Syukur-syukur bisa memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Natuna. Sebab di saat-saat tertentu, cabai di pasar Ranai sering putus, dan pedagang harus mendatangkan cabai dari luar daerah. Kalau petani kita bisa mandiri dan tekun, saya yakin kedepan tidak perlu lagi kita mendatangkan hasil pertanian dari luar daerah,” harap Amhar.

Amhar juga mendorong kepada para petani di Natuna, khususnya petani di Desa Air Mali, untuk terus berinovasi mengembangkan sektor pertanian daerah, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan (Hanpangan) di Kabupaten Natuna.

Sementara itu Kepala Desa Air Mali, Supriadi, menjelaskan, bahwa kelompok tani cabai di Desa Air Mali, merupakan binaan dari Pemerintah Desa Air Mali.

Kegiatan ini merupakan program peningkatan produksi tanaman pangan yang dibiayai dari APBDes Air Mali tahun anggaran 2023, sebesar Rp 73.010.000, sebut beliau.

“Harapan kita program ini dapat membantu perekonomian masyarakat, serta dapat memenuhi kebutuhan pangan di Kelarik, khususnya di Desa Air Mali,” ucap Supriadi.

Sedangkan, Ketua Kelompok Tani Cabai Desa Air Mali, Harun Nurasyid, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, dan juga kepada Pemerintah Desa Air Mali, karena telah memberikan perhatian kepada masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian di Desa mereka.

“Alhamdulillah, berkat adanya pembinaan terhadap kelompok tani cabai, kami berhasil melakukan panen perdana. Mudah-mudahan kedepan pertanian yang kami lakukan ini dapat berkembang dan memberikan dampak ekonomi bagi kami masyarakat kecil,” tutup Harun Nurasyid.

Turut hadir dalam panen cabai tersebut, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Kepala Dinas PMD, Anrizal zen, sejumlah pimpinan OPD dilingkungan  Pemda Natuna, Camat Bunguran Utara, Kepala Desa Air Mali, dan tokoh masyarakat setempat.
 






Tulis Komentar