KPU Hari Ini Tetapkan DCT Anggota DPRD Pemilu 2024, Cek Disini

KILASRIAU.com  - Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 357 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dalam Pemilihan Umum 2024 tanggal 3 November 2023, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hilir mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir dan persentase keterwakilan perempuan dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Informasi ini setelah sukses menyelenggarakan Rapat Pleno Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di Hotel Inhil Pratama Tembilahan pada Jum'at (3/11/23) kemarin.

Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil mengumumkan DCT Anggota DPRD Kabupaten Inhil dan ini susah sesuai dengan ketentuan Pasal 85 Peraturan KPU Nomor
10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

"Sesuai dengan peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 dan peraturan KPU nomor 10 tahun 2023 tentang pencalonan bahwa ditetapkan bahwa pada hari ini merupakan jadwal penetapan Daftar Calon Tetep Anggota Legislatif di semua tingkatan baik untuk DPR RI, DPR Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota," kata Komisioner KPU Inhil Herdian Azmi.

Lebih lanjut, Azmi menyebutkan setelah melakukan proses pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) oleh partai politik peserta pemilu sudah berlangsung sejak 1-14 Mei 2023. Artinya ini berlangsung selama 6 bulan dengan segala proses dan dinamikanya. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 sangat penting bagi masa depan bangsa Indonesia.

19-28 Agustus 2023 KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapannya terhadap DCS tersebut. Informasi terkait DCS, akan diumumkan di laman resmi KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota, media massa nasional/lokal, dan media elektronik. Masyarakat dapat melihat nama-nama caleg yang berkontestasi di daerah pemilihan (Dapil) mereka untuk Pemilu 2024.

"Proses pencalonan legislatif ini adalah pintu awal mewujudkan lembaga legislatif. Dengan mengetahui rekam jejak caleg yang akan dipilih sebagai wakil rakyat, diharapkan masyarakat dapat lebih bijak dalam bersikap, cerdas dalam memilih wakilnya,"

"Pada dasarnya semua tahapan yang sudah kita lalui dan akhirnya DCT yang kita tetapkan sebanyak 552 orang dari semula pendaftar yang didaftarkan sebanyak 664 orang. Jadi ada proses seleksi administrasi yang cukup ketat terhadap caleg ini. Hal ini dilakukan agar memastikan bahwa semuanya caleg yang kita tetapkan sebagai DCT itu betul betul sudah memenuhi syarat. Selain itu juga ada partai politik yang tidak memperbaiki syarat administrasi bakal caleg yang tidak memenuhi syarat itu sehingga dari 644 orang menjadi 552 dan inilah caleg yang akan memperebutkan 45 kursi untuk DPRD inhil untuk pemilu tahun 2024 mendatang," tambahnya.

Berikut ini Data lengkap Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir dapat dilihat
melalui portal publikasi https://infopemilu.kpu.go.id/ Pemilu.

 






Tulis Komentar