Tumpah Ruah, Pengunjung Festival Pacu Jalur Tradisional Kuantan Singingi Berdesak-desakan

TELUK KUANTAN - Hari terakhir dilaksanakan Pacu Jalur Tradisional Kuantan Singingi 2023 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, dipadati penonton dan pengunjung hingga tumpah ruah.

Selalu setiap hari terakhir pacu jalur disetiap tahunnya kota Teluk Kuantan dibanjiri pengunjung. Pada 2023 lebih meriah bahkan sepanjang jalan tidak bisa dilalu kendaraan.

"Taman Jalur, simpang empat masjid Raya, simpang empat kampung sawah, sesak hingga membuat petugas Kepolisian sibuk mengatur lalu lintas," kata Hendri (42), warga Teluk Kuantan yang melewati jalan tersebut. Ahad (27/08/2023).

Ia mengatakan, ini merupakan proses akhir festival Pacu Jalur di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau. Dikatakannya, pada hari ini sepanjang jalan jalur dua dari bawah STM/SMK N 1 Teluk Kuantan menuju Kota dipadati kendaraan hingga sulit dilalui pengendara bermotor pribadi maupun umum.

Kemudian dikatakan Hendri, sepanjang 2 KM jalan dari arah Inhu menuju Kota Teluk Kuantan juga ramai bahkan parkiran mobil berjejeran, dari MAN Teluk Kuantan hingga depan Onion Kitchen.

"Luar biasa padatnya pengunjung tahun ini. Saya bangga atas prestasi daerah bisa menggelar event besar ini. Tahun 2023 ini sangat meriah," sebutnya.

Disamping itu, Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, berjanji, "Kami akan terus membantu Pemkab Kuansing untuk kemajuan Pacu Jalur, dengan membangun infrastruktur pendukungnya," ucap mantan Bupati Siak itu.

Sementara Bupati Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Amby, berterima kasih atas segala perhatian Pemprov Riau, di bawah kepemimpinan Gubernur Drs. H Syamsuar.

"Kami akan terus berharap peran lebih Pemprov Riau, untuk menunjang pelaksanaan event Budaya Pacu Jalur ini. Terutama infrastruktur seperti tribun penonton dan hal lainnya," tukas Datuk Panglimo Dalam.

"Suntikan pembangunan seperti peningkatan jalan rigid beton di Kari, Inuman, Basarah dan beberapa titik lainnya yang sudah dilakukan Pak Gubernur, kami sampaikan terimakasih, tegas Suhardiman. Ke depan diharapkan lebih banyak lagi kue pembangunan untuk Kuansing," ungkapnya.(*)

 






Tulis Komentar