Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 50 Mengadakan Bimbingan Beyone Center Circle Time (BCCT)

Kilasriau.com, Pelalawan - Pada minggu ke 5 kegiatan dari Kelompok 50 KKN Umri SMART 2023 yang di bawah bimbingan DPL Dwi Annisa Fithry, ST, MT diwarnai dengan pelaksanaan program kerja Utama oleh Amalina, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Posko KKN UMRI SMART Dusun satu Desa Petani Kecamatan Pelalawan, Kamis(24/08/2023).

Bimbingan belajar ini dilaksanakan Setiap Hari Kamis Pukul 14.00-15.00 Wib Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan pada anak tingkat SD di Dusun satu Desa Petani Sepulang sekolah dan durasi dari bimbingan belajar ini sendiri adalah kurang lebih satu jam. Ada pun yang menjadi target dari program kerja ini adalah siswa-siswi yang duduk di bangku kelas 1 hingga kelas 6 SD.

Menurut Kepala Dusun pak Jamin pengetahuan anak-anak dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris yang menjadi permasalahan anak-anak setempat. selain itu banyak nya anak-anak yang lebih mementingkan bermain di luar dibandingkan belajar mengakibatkan kurangnya pengetahuan dalam berbahasa asing. Program bimbingan belajar BCCT yang diadakan untuk meningkatkan minat belajar anak-anak agar pembelajaran jauh lebih menyenangkan.

Pada pertemuan pertama pembelajaran diadakan dalam memperkenalkan diri dalam bahasa inggris dan bagaimana pengucapan yang tepat dalam berbahasa inggris mengingat masih binggungnya anak-anak setempat dalam pelafalan berbahasa asing Walaupun dalam pelafalan anak -anak masih binggung namun semangat dalam menuntut ilmu tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam belajar bahasa asing.

Pada pertemuan kedua pembelajaran mengenai perkenalan diri dan juga penghafalan vocabulary (kosa kata), Hal tersebut untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak-anak desa petani. Dalam penghafalan vocabulary juga dibimbing oleh mahasiswa KKN.

Pada pertemuan ketiga dan keempat pembelajaran dilanjutkan dengan penghafalan dialog “Daily conversation” untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak dalam berbahasa inggris. Penghafalan dialog juga dapat membuat anak-anak Desa petani memahami bagaimana susunan kalimat dalam berbahasa inggris.

Pada minggu ke lima dilanjutkan dengan pembelajaran story telling hal tersebut agar meningkatkan kemampuan anak-anak Desa petani dalam berekspresi dan memahami isi cerita tersebut. Selain itu, anak-anak juga belajar memahami isi dari cerita tersebut.

Semoga dengan bimbingan belajar BCCT bahasa inggris dapat bermanfaat bagi anak-anak Desa petani dan tetap meningkatkan semangat anak-anak Desa Petani dalam berbahasa asing khususnya berbahasa inggris.






Tulis Komentar