Tingkatkan Kesejahteraan Pangan dan Produktivitas Warga, KKN Desa Trimulya Jaya Sosialisasikan Budikdamber

 

TRIMULYA JAYA, PELALAWAN - Untuk meningkatkan kesejahteraan pangan dan produktivias terhadap warga Desa Trimulya Jaya, maka KKN TRIMULYA JAYA UNIVERSITAS RIAU Tahun 2023 melaksanakan kegiatan sosialisasi Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) yang dihadiri oleh warga Desa Trimulya Jaya dan anggota KKN Trimulya Jaya UNRI 2023.

Kegiatan Sosialisasi Budikdamber dilaksanakan pada hari Kamis (03/08) yang dilaksanakan secara offline di Balai Desa Trimulya Jaya, Desa Trimulya Jaya, Ukui. Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Pembukaan acara dibawakan oleh Ibu PKK dan dilanjutkan dengan pertemuan rutin bulanan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Budikdamber oleh Mahasiswa KKN Universitas Riau 2023. Sosialisasi ini disampaikan oleh Mhd Ilham Nurhadi dari Program Studi Budidaya Perairan Angkatan 2021.

Sosialisasi dilakukan dengan penyampaian materi, pelatihan dan praktik secara langsung, serta tanya jawab oleh warga Desa Trimulya Jaya. Budikdamber adalah suatu kegiatan budidaya yang dilakukan pada lahan yang minim. Teknik yang menggabungkan sistem budidaya tanaman sayuran dan budidaya ikan dalam satu tempat sebagai upaya untuk menunjang ketahanan pangan.

Budidaya dengan teknik ini tidak terlalu rumit. Banyak kelebihan dan keuntungan yang didapat dengan budidaya dalam ember. Budidaya ikan dalam ember dapat menghemat karena tidak memerlukan listrik, tidak memerlukan banyak air dan suplai oksigen maupun sirkulasi air kolam. Pembuatan Budikdamber ini tergolong cukup mudah, murah dan sederhana. Berdasarkan kegiatan ini sebagai solusi guna mendukung ketahanan pangan keluarga di Desa Trimulya Jaya. Kegiatan ini mendapatkan antusias dan diterima dengan sangat baik dari seluruh warga Desa Trimulya Jaya.

Kegiatan sosialisasi Budikdamber ini memberikan pengetahuan dan pemahaman warga tentang budidaya ikan dalam ember sehingga warga berkeinginan untuk melakukan kegiatan tersebut secara mandiri guna memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

Melalui pelatihan dan praktik secara langsung kepada warga, diharapkan warga Desa Trimulya Jaya tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan pemahaman saja, namun dapat praktik dan memiliki pengalaman langsung dalam membuat Budikdamber.
Kegiatan sosialisasi Budikdamber ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan foto bersama. (*)






Tulis Komentar