Mahasiswa Kukerta UNRI, Lakukan penyuluhan Asam Urat dan Pemeriksaan GCU Gratis

KILASRIAU.COM – Mahasiswa Kukerta  UNRI, Melakukan aksi langsung dalam memberikan  pelayanan kesehatan kepada masyarakat. kegiatan ini di lakukan pada hari Rabu, tanggal  26 Juli 2023 di aula kantor desa Tanjung Alai. Kegiatan ini juga di  hadiri oleh perangkat desa, ibuk PKK, bidan desa dan masyarakat setempat.

Zulpan Alwi, Selaku kepala desa tanjung alai menjelaskan bahwa "Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan ini sangat penting dalam menjaga kesehatan. Hal ini juga dilatar belakangi karena banyaknya kasus penyakit asam urat di masyarakat,"

Putri Azzahra, Mahasiswa Kukerta UNRI sebagai narasumber  memaparkan materi  tentang Asam Urat dan pencegahannya. Tak hanya itu, Putri juga menjelaskan tentang  asupan yang baik untuk penderita Asam Urat.  

Berdasarkan data yang telah diperoleh dari 24 orang, terdapat 3 orang (12,5%) mempunyai penyakit asam urat, selebihnya mengalami kekurangan vitamin dan normal.  Pada pemeriksaan gula darah, diperoleh data dari 24 orang terdapat 9 orang (37, 5%) yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Untuk itu, mahasiswa universitas riau, menyelenggarakan penyuluhan dan pemeriksaan guna mengontrol kesehatan masyarakat baik dalam kategori asam urat maupun gula darah secara gratis.

Masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sangat antusias. Khususnya pada pemeriksaan GCU. Tak sedikit pula, masyarakat bertanya perihal materi tersebut dan langsung di jawab oleh narasumber secara rinci.

"Dengan adanya program kerja yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa Kukerta UNRI, masyarakat  akan lebih waspada dalam menjaga kesehatan baik dalam mendukung kestabilan asam urat maupun gula darah pada tubuh serta diharapkan juga masyarakat dapat merubah gaya pola hidup dan pola makan agar menjadi lebih sehat," harap nya.**

 






Tulis Komentar