Mahasiswa KKN Universitas Riau Sukses Selenggarakan Tabligh Akbar, Pemuda Pemudi Berhasil Mengundang Partisipasi Banyak Pihak

KILASRIAU.COM - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau di Desa Koto Perambahan sukses menyelenggarakan Tabligh Akbar di Masjid Al-Kubro untuk memperingati 1 Muharram.

Acara ini merupakan hasil kerjasama yang solid dari para mahasiswa KKN dan pemuda/i Desa Koto Perambahan, yang berhasil mengundang partisipasi banyak pihak.

Sejak berdiri, Universitas Riau telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian guna mendukung pembangunan di daerah Riau dan sekitarnya.

Universitas ini juga aktif dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, seperti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti oleh mahasiswa, seperti kelompok KKN yang berhasil menyelenggarakan Tabligh Akbar di Desa Koto Perambahan ini.

Kelompok Kukerta ini dipimpin oleh Rahmat Rael Mukrom selaku ketua kelompok, dan beranggotakan Dinda Adisty Tatuil, Sayyidah Safyra, Yori Alfitrah Salam, Resina Mutiara, Rifa Akila, Khansa Tasya Nabila, Jasmin Khaidirah Nurfatihah, Abdul Aziz Aldarr, dan Rio Hariansyah. Kelompok ini didampingi oleh Mhd. Andri Kurniawan, S.T., M.Sc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kepala Desa Sahrul Dt. Ndolelo, mengapresiasi inisiatif para mahasiswa KKN dan pemuda/i Desa Koto Perambahan dalam mengadakan acara tersebut.

"Semoga anak-anak kita ini betah di berada di desa, dengan adanya mahasiswa ini tentunya memberikan motivasi bagi anak-anak yang ada di sini. Oleh karena itu, kami sangat mendukung dan mengapresiasi segala kegiatannya," ucapnya.

Di kesempatan itu pula anggota dewan kabupaten Kampar dari fraksi PPP, menegaskan pentingnya peran pemuda dan mahasiswa sebagai agen perubahan positif dalam memajukan daerahnya.

"Keberadaan kegiatan tabligh akbar ini menunjukkan bahwa pemuda dan mahasiswa memiliki peran strategis dalam membangun kebersamaan dan semangat keagamaan di tengah-tengah masyarakat," tutur nya.

Ustadz KH. Dr. Kariman Ibrahim M.A., sebagai pembicara tausyiah dalam tabligh akbar tersebut, menyampaikan ceramah yang sarat makna dan hikmah. Pesan-pesan keagamaan dan moral yang disampaikan memberikan inspirasi bagi seluruh hadirin, mengajak mereka untuk lebih mendalami nilai-nilai kebaikan dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Dan di penghujung acara, acara tabligh akbar ini juga menjadi momentum untuk mengumumkan juara lomba 1 Muharram yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 Juli 2023. Lomba yang mencakup berbagai kegiatan keagamaan dan sosial ini berhasil menarik partisipasi banyak warga desa, yang juga turut berkontribusi dalam kesuksesan acara tabligh akbar.

Dalam penyelenggaraan acara Tabligh Akbar ini, para mahasiswa KKN Universitas Riau dan pemuda/i Desa Koto Perambahan menunjukkan kolaborasi yang kuat dan semangat untuk berpartisipasi dalam memajukan kehidupan keagamaan dan sosial di wilayah mereka.

"Semoga acara seperti ini dapat terus diadakan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Koto Perambahan dan sekitarnya. Kegiatan ini juga menjadi bagian penting dari pengalaman mahasiswa KKN dalam memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan masyarakat dan pembangunan daerah," imbuhnya.

Acara tersebut turut hadir juga dalam acara ini, Hj. Mariyenik Yanda, S.H sebagai perwakilan dari DPD RI. Beliau menyatakan apresiasi tinggi atas upaya Pemuda dan Mahasiswa Kukerta Unri dalam menyelenggarakan kegiatan tabligh akbar yang diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak untuk lebih aktif berperan dalam memajukan kualitas kehidupan beragama dan sosial masyarakat di Desa Koto Perambahan.**






Tulis Komentar