Mahasiswa Kukerta Ikut Berpartisipasi dalam Pelaksanaan Posyandu Balita

KILASRIAU.COM - Dalam rangka sporting kesehatan, Mahasiswa KKN Universitas Riau berpartisipasi dalam pelaksanaan Posyandu Balita Di desa Tanjung Alai, Jum’at, 14 Juli 2023

Pustu Flamboyan 2, sebagai sentra kesehatan didesa Tanjung Alai berkomitmen menyediakan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya balita.

Dengan dukungan dan kerja sama dari Ibu PKK, pelaksanaan posyandu balita di pustu flamboyan 2 dapat berjalan lebih efektif dalam mencapai sasaran kesehatan yang diinginkan.

Posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya. Kegiatan ini diikuti oleh ibu dan balita serta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unri Desa Tanjung Alai.

Tujuan dari kegiatan posyandu ini adalah untuk memberikan kesempatan  dalam pemeriksaan tumbuh kembang balita dan mencegah peningkatan kasus stunting didesa Tanjung Alai.

Noni Intan Sari, Amd. Keb,  Bidan Desa Tanjung Alai menjelaskan bahwa kasus stunting didesa tanjung alai dibagi menjadi  2 golongan yaitu pendek dan sangat pendek. Tetapi, bidan desa dan staff posyandu desa tanjung alai memfokuskan pada kasus stunting dengan kategori sangat pendek.

"Dengan diadakannya kegiatan ini secara rutin, tercatat 12 orang balita mengalami kasus stunting dalam kategori sangat pendek. Noni mengatakan bahwa kasus stunting tersebut disebabkan oleh kurangnya gizi, faktor ekonomi dan faktor kesehatan lingkungan," tuturnya. 

Noni Intan Sari, Amd. Keb juga mengatakan bahwa sebelumnya pernah melakukan observasi langsung ke  rumah keluarga balita yang mengalami kasus  stunting sekaligus memberikan makanan bergizi sehat dan baik untuk tumbuh kembang balita.

Ia berharap kegiatan posyandu bulanan ini dapat terus berjalan dengan lancar sehingga memberikan manfaat besar terhadap pertumbuhan balita dan penekanan kasus stunting di desa tanjung alai.






Tulis Komentar