Masjid Berumur Ratusan Tahun dan Batu Ajaib di Riau

KILASRIAU.com - Riau punya sebuah masjid cantik bernama Jami'Air Tiris. Masjid ini berumur ratusan tahun dan memiliki cerita mistis dengan batu berbentuk kepala kerbau.

Saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata Religi yang terdapat di desa Tanjung Berulak, Pasar Usang, Airtiris, Kabupaten Kampar, Riau. Namanya Masjid Jami' Air Tiris. 

Ini juga rekomendasi dari beberapa teman saya di Kampar yang sudah lama menyarankan saya untuk mengunjungi masjid ini. Masjid Jami' adalah masjid pertama yang di bangun di Kenegrian Air Tiris dan juga menjadi salah satu masjid tertua di Sumatra.

Masjid ini di bangun pada tahun 1901 M dan selesai di bangun pada tahun 1904 M Lalu di resmikan masyarakat Airtiris di tahun yang sama dengan menyembelih 10 ekor kerbau.

Mulanya masjid ini di bangun atas usulan seorang ulama yang bernama Engku Mudo Songkal yang merasa perlu membangun masjid di Kenegrian Air Tiris.

Yang membuat saya terkesan dengan keunikan masjid ini yaitu bangunannya yang terbuat dari material kayu hutan dan tampa menggunakan besi ataupun paku. Walaupun demikian masjid yang sudah berumur ratusan tahun ini tetap berdiri kokoh dan masih aktif sampai sekarang.

Saya sengaja berkunjung ke masjid Jami' tepat di waktu sholat dzhuhur karna saya ingin merasakan sholat berjamaah di masjid yang sangat bersejarah ini.

Ketika berada di dalam masjid rasanya saya seakan berada dalam sebuah film lama malaysia yang sering saya tonton. Memang ornamen ukiran yang terdapat di dalam masjid Jami' mirip dengan masjid yang ada di Pahang, Malaysia.

Aksitektur masjid jami' ini menunjukkan adanya perpaduan gaya aksitektur Melayu dan Cina yang mempunyai 40 tiang sebagai penyangganya. Empat puluh tiang di buat untuk menyesuaikan jumlah jemaah minimal dalam shalat, dan di antara 40 tiang ini ada 2 tiang yang ada ukiran kaligrafinya.

Dalam sejarahnya dua kayu yang di buat tiang itu hanya bisa didekati dan di ambil oleh Datuk-datuk. Selain bentuk bangunan ada hal lainnya yang menarik dari masjid Jami' Air Tiris. Ada sebuah batu yang bentuknya serupa dengan kepala kerbau.

Menurut cerita Pak Udin selaku pengurus Masjid Jami' batu itu bisa berpindah-pndah tempat tampa ada yang memindahkannya. Kadang di tengah masjid, di luar dan akhinya masuk ke dalam sumur tua selama 12 tahun lamanya.

"Lalu air rendaman batu itupun di percaya bisa menyembuhkan penyakit dan sekarang orang sering kesini degan tujuan itu," kata Pak Udin.

Masjid ini juga selalu di kunjungi wisatawan lokal sampai dengan mancanegara, terutama dari Singapura dan Malaysia,

Jika kalian ingin bertanya lebih dalam mengenai sejarah masjid Jami' ini kalian bisa temui Pak Udin selaku pengurus masjid Jami' Beliau akan selalu bersedia untuk menceritakannya.

Saya sangat beruntung bisa mengunjungi masjid Jami' ini. Karena saya bisa belajar sejarah islam yang sangat terkenal di daerah sendiri. Jika kalian sedang berada di Riau jangan lupa untuk berkunjung ke Masjid jami' ini ya sahabat.

Lokasinya sekitar 13 Km dari Bangkinang dan 52Km dari Pekanbaru. Sayangnya untuk ke sini masih belum ada transfortasi yang yang langsung bisa ngantar kamu ke lokasi.

Tapi tenang saja, karena sekarang ada tiket.com yang menyediakan fitur rental mobil yang akan membantu kamu untuk ke sini. Ini caranya:

1. kamu buka website resmi atau aplikasi www.tiket.com

2. Lalu pilih Sewa mobil

3. Isi lokasi penjemputan, tanggal dan jumlah Mobil

4. Dan pilih mobil yang kamu inginkan, setelah itu kamu akan di arahkan untuk mengisi data pemesanan

5.Lalu kamu tinggal bayar deh, metode pembayarannya juga udah lengkap kok bisa bayar via ATM bersama dan indomaret juga.

6.Setelah pembayaran sukses tiket kamu akan terbit , dan kamu akan di hubungi segera sama sopirnya.

Mudah kan, yuk ke Riau!






Tulis Komentar