Laksanaja Bintek Bagi PSM Se- Provinsi Riau, Kadinsos Sampaikan Ini

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi membuka secara resmi Bimbingan teknis (Bimtek) Bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se - Provinsi Riau Tahun 2023 bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

Kilasriau.com - Dalam rangka Peningkatan Kemampuan Potensi Pekerja Sosial Masyarakat Kewenangan Provinsi, Dinas Sosial Provinsi Riau melalui Program Pemberdayaan Sosial, menggelar kegiatan Pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Provinsi.

Selain melaksanakan kegiatan tersebut Dinas Sosial Provinsi Riau juga melaksanakan Bimbingan Teknis Bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se - Provinsi Riau Tahun 2023 selama tiga hari dari tanggal 07-09 Juni 2023 di The Bono Hotel jalan Riau, Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Tujuan bimbingan teknis ini adalah dalam rangka pemberdayaan PSM untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, penguatan peran kelembagaan PSM dan pemahaman meningkatkan jejaring PSM.

Serta maksud dari bimtek ini sebagai wujud dan perhatian pemerintah daerah dalam upaya pemberdayaan potensi sumber daya kesejahteraan sosial PSM agar dapat dapat berperan secara optimal dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi membuka secara resmi Bimbingan teknis (Bimtek) Bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se - Provinsi Riau Tahun 2023 bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

Kadinsos Provinsi Riau Tengku Zul Effendi dalam arahannya mengajak semua peserta untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya sehingga dapat meningkatnya pengetahuan dan pemahaman mengenai konsep dasar penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Bimtek ini untuk mendapatkan bekal pengetahuan, pemahaman kepada PSM tentang praktek kerja sosial, meningkatkan kemampuan dalam menanggani berbagai masalah sosial dan meningkatkan jejaring kerja antar PSM di tempatnya masing-masing. Karena rekan-rekan PSM telah mendarmabaktikan dirinya bagi penyelenggaraan Kesejahteraan sosial di lingkungannya  masing-masing sesuai dengan mottonya tiada hari tanpa pengabdian," ucapnya.

Lebih lanjut, Kadinsos Provinsi Riau Tengku Zul Effendi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) adalah seseorang sebagai warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan dan kemampuan dalam penyelenggaraan sosial serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial.

Selain itu, PSM merupakan salah satu pilar-pilar sosial masyarakat yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah dimana peran dan kontribusinya sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan pengentasan permasalah kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat, permasalahan yang mendasar terkait dengan belum adanya data PSM yang valid di setiap kabupaten/kota baik dari sisi jumlah maupun kriteria serta masih adanya rangkap peran sebagai pilar sosial lainnya.

"Teruslah bekerja untuk masyarakat, jangan pernah berhenti mendarmabaktikan dirimu kepada masyarakat, karena kegiatan ini memberikan bekal pengetahuan dasar tentang sosial masyarakat sekitar, pemberian pemahaman dasar tentang kerja-kerja sosial yang harus dilakukan oleh relawan yang tergabung dengan Pekerja Sosial Masyarakat serta memberikan pembekalan kepada PSM untuk mempersiapkan diri mengikuti Seleksi PSM tahun 2023," ucapnya
 






Tulis Komentar