Pastikan Tidak Ada Patahan Pembelajaran, Hj.Zulaikhah Wardan Ikuti Komitmen Bersama Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD

Kilasriau.com, Jakarta - Bunda PAUD Kabupaten Indragiri Hilir Hj.Zulaikha Wardan, S.Sos, ME mengikuti kegiatan komitmen bersama Bunda PAUD untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, di The Sultan Hotel Jl.Gatot Subroto Jakarta Pusat, Selasa (6/6/23) malam

Kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan menghadirkan peserta dari kalangan pengajar PAUD tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, kepala dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/kota, internal riset dan teknologi, UPT Ristek dan mitra pemerintah pada 6-7 Juni 2023.

Kegiatan yang dibuka Tim Staf Khusus Menteri Bidang Isu Strategis Kemendikbudristek Fitria Anggraini mengatakan kebijakan tersebut disusun untuk memastikan hak anak mendapatkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sejak berusia dini.

"Anak jadi mampu memahami, bahwa belajar bukan beban, tapi pembelajaran untuk mendapat manfaat," katanya.

Selain itu, pendidikan di bangku awal SD juga mensyaratkan kemampuan anak untuk baca, tulis, dan hitung (calistung). Sehingga membuat orang tua terkesan memaksakan anak pada kemampuan calistung melalui bimbingan belajar yang menguras stamina hingga emosional anak.

"Ada beberapa hal miskonsepsi di sini, kemampuan yang dirasa penting pada usia dini hanya calistung, padahal ada banyak kemampuan lain seperti mengelola emosi, budi pekerti, interaksi sehat dan sebagainya yang juga bisa menjadi potensi anak," katanya.

Kegiatan itu merupakan dukungan Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke 24, untuk menyebarluaskan dukungan program ke seluruh daerah di Indonesia,

Sementara itu, Bunda PAUD Inhil Hj.Zulaikhah Wardan, S.Sos,ME yang secara lansung mengikuti program ini mengatakan, dibutuhkan kolaborasi antara Bunda PAUD, Pokja PAUD, Dinas Pendidikan dan HIMPAUDI ini guna memastikan keceriaan anak-anak saat berada di PAUD tidak hilang begitu saja ketika masuk ke SD.

Dengan demikian Pemerintah ingin memastikan tidak ada patahan pembelajaran dari jenjang PAUD ke SD.






Tulis Komentar