Cocok untuk Menu Lebaran, Ini Dia Resep Gulai Daging dan Tips Memasaknya

KILASRIAU.COM - Gulai daging adalah salah satu menu olahan khas nusantara yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia di berbagai kalangan. Menu olahan daging yang satu ini biasanya disajikan saat hari-hari besar atau perayaan.

Bagi Anda yang ingin memasak gulai daging, pastikan tahu terlebih dahulu resep gulai daging ini. Selain itu, ada sejumlah tips juga yang perlu Anda ketahui agar gulai daging yang diolah tetap enak dan tidak mudah basi.

Resep Gulai Daging Sapi

Anda dapat membuat gulai daging sendiri di rumah ketika akan mengadakan acara atau saat menjelang lebaran. Proses pembuatannya memang sedikit kompleks, namun umumnya Anda bisa mengikuti tutorialnya dengan mudah. 
Berikut merupakan resep gulai daging.
Bahan:
250 gram daging sapi
500 gram tulang iga
6 siung bawang merah & 4 siung bawang putih
2 ruas kunyit & 1 ruas jahe
4 butir kemiri (sudah disangrai)
4 buah cabe merah besar
½ sdt merica & 1 sdt ketumbar
Pala secukupnya
2 lembar daun salam & serai
65 mL santan atau 1 bks santan instan
1,5 sdt garam
2 sdt kaldu bubuk
30 gram gula aren
800 mL air
Lengkuas secukupnya
3 lembar daun jeruk
Bunga lawing, kapulaga, dan kayu manis secukupnya

Cara Membuat:
Pertama, Anda harus merebus daging dan iga terlebih dahulu untuk mengeluarkan kotoran dan sisa-sisa lemak.

Kedua, Anda harus mempresto daging dan iga agar lebih empuk ketika akan diolah. Jika sudah dipresto, Anda bisa meniriskannya terlebih dahulu. Namun, air kaldu sapi jangan dulu dibuang, bisa digunakan untuk tambahan kaldu.

Jika daging sudah dingin, potong dadu daging tersebut sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya, siapkan bumbu halus menggunakan blender, bumbu halus misalnya dari bawang merah hingga pala.

Siapkan wajan anti lengket, tuang bumbu halus yang sudah diblender ke dalam wajan. Tumis bumbu sampai harum dan matang.

Lakukan pengadukan agar bumbu tidak gosong dan bisa matang merata.

Jika sudah, masukkan tulang iga ke dalam wajan. Tambahkan air kaldu sapi sisa tadi.

Selanjutnya, masukkan garam, kaldu sapi bubuk, gula merah, bunga lawing, kapulaga, dan kayu manis. Aduk rata.

Sambil menunggu air kaldu mendidik, silakan masukan santan dan aduk rata kembali hingga mendidih.

Masak dan aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging dan tulang iga.

Jika sudah matang, Anda bisa mematikan kompor.

Selesai.

Tips Memasak Gulai Daging

Selain resepnya, Anda juga perlu mengetahui apa saja tips memasak gulai daging. Hal ini karena membuat gulai daging terbilang cukup sulit karena membutuhkan teknik yang tepat dan pemilihan bahan yang pas. Berikut merupakan tips-tipsnya.

anchor text: resep gulai daging
url:https://www.blibli.com/friends/blog/resep-gulai-daging-06/

1. Menggunakan Santan Kelapa Berkualitas
Penggunaan santan sangatlah penting saat membuat gulai daging. Anda perlu memilih santan kelapa berkualitas, yaitu santan yang berasal dari kelapa tua. Santan dari kelapa tua akan menghasilkan gulai daging yang rasanya gurih.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu menggunakan santan cair dan kental. Santan cair berguna untuk merebus bumbu atau bahan makanan agar tidak pecah. Sementara itu, santan kental untuk menambah citarasa yang akan ditambahkan ketika masakan sudah sedikit matang.

2. Gunakan Api Kecil
Selanjutnya adalah gunakan api kecil. Rasa gurih yang dimiliki dari gulai daging berasal dari kuahnya yang meresap ke dalam daging. Saat memasak, pastikan Anda menggunakan api kecil, hal ini dilakukan agar bumbu meresap sempurna hingga ke dalam daging.

3. Jangan Terlalu Sering Diaduk
Berikutnya, jangan terlalu sering mengaduk masakan gulai. Saat memasak gulai, jangan Anda mengaduk gulai terlalu sering ketika masih dimasak. Hal ini karena bisa membuat masakan menjadi mudah hancur. Terutama apabila Anda menggunakan daging ayam, ikan, atau campuran tahu.

5. Tumis Bumbu Sampai Matang
Saat awal memasak, Anda akan menghaluskan semua bumbu. Pastikan ketika menumisnya, Anda memasaknya sampai benar-benar matang dan menimbulkan aroma yang harum. Jika bumbu tidak matang, maka bisa membuat masakan terasa tengik dan bumbu kurang meresap ke dalam daging.

5. Buang Air Rebusan Pertama Daging
Terakhir, buang air rebusan pertama daging sapi. Ya, saat merebus daging yang masih mentah, buanglah air rebusan pertama tersebut. Hal ini dilakukan karena dalam air rebusan pertama, masih mengandung kotoran, darah, dan lemak yang tidak bermanfaat.

anchor text: resep gulai daging
url:https://www.blibli.com/friends/blog/resep-gulai-daging-06/

Sementara itu, jika Anda ingin mengambil kaldu dari rebusan daging sapi, Anda bisa menggunakan kaldu dari air rebusan kedua. Kaldu sapi ini bisa Anda simpan atau diolah kembali sebagai kuah sup.

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui resep gulai daging sapi dan tips-tips memasaknya. Pastikan Anda mengikuti prosedur memasaknya di atas agar tidak salah dalam proses memasak. 

Anda bisa mendapatkan aneka macam bumbu dapur dan bumbu instan gulai daging di Blibli secara online. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memasak dari rumah tanpa harus berbelanja ke luar. Itu dia pembahasan mengenai resep gulai daging untuk Anda yang akan memasak gulai.**






Tulis Komentar