Stok Logistik BPBD Riau untuk Korban Banjir Menipis, Bantuan Pusat Tak Kunjung Turun

KILASRIAU.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengajukan bantuan logistik untuk korban banjir ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat. 

Namun hingga saat ini bantuan yang diajukan tak kunjung datang, padahal cadangan logistik yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau sudah menipis. 

Kepala BPBD Riau, H Edwar Sanger, Ahad (2/12/2018) mengatakan, untuk logistik yang tersedia saat ini tinggal sedikit, dan boleh dikatakan sudah hampir habis. 

"Kemarin kita sudah melakukan upaya meminta bantuan ke BNPB. itu sudah kita lakukan, dan saya langsung yang meminta bantuan," kata Edwar Sanger. 

Oleh karenanya, lanjut mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini, pihaknya mengharapkan dengan waktu yang tak begitu lama bantuan yang diajukan ke BNPB bisa terealisasi.

"Sekarang bantuan dalam proses di BNPB, karena prosesnya BNPB harus melakukan pengadaan. Disamping memang sekarang begitu banyak bencana yang terjadi di Indonesia," ujarnya. 

Meski begitu, menurut Edwar Sanger BNPB tetap memberikan perhatian khusus kepada Provinsi Riau yang saat ini telah menetap status siaga banjir dan longsor, sehingga lebih siaga dan mudah meminta bantuan. 

Ditanya apa saja bantuan yang diajukan ke BNPB, Edwar Sanger menyampaikan disamping logistik, pihaknya juga ajukan tenda, kelambu, selimut dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan masyarakat korban banjir. 

Selain itu, Edwar mengatakan saat ini BPBD dan intansi terkait Pemprov Riau sudah melakukan upaya penyaluran bantuan terhadap kabupaten/kota yang terpapar banjir. 

"Makanya kita mengimbau kepada masyarakat khususnya berada di bantaran sungai waspada dan berhati-hati, karena curah hujan yang sangat tinggi saat ini kita khawatir air sungai meluap yang bisa menyebabkan banjir," tukasnya.






Tulis Komentar