Cabang Olahraga Baru, Hapkido Hadir di Kabupaten Inhil

Kilasriau.com - Bertempat di El Caffe, Tembilahan Hulu Hapkido Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masa bakti 2022-2026 menggelar musyawarah bersama pengurus sekaligus buka bersama, Ahad (2/4/23).

Ketua Hapkido kabupaten Inhil drg. Iwid Prihantono menjelaskan bahwa beladiri Hapkido merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea di samping Taekwondo. Dimana Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Selain itu, teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.

"Sebelumnya saya mengucapkan syukur. Alhamdulillah kita telah melaksanakan musyawarah kabupaten cabang olahraga Hapkido masa bakti 2022-2026, sekaligus menjalin silaturahmi bersama pengurus dengan melaksanakan buka bersama," kata drg. Iwid Prihantono saat setelah melaksanakan musyawarah.

Lebih lanjut, drg. Iwid Prihantono menyebutkan Hapkido merupakan bela diri yang sangat menarik karena mencakup hampir semua jenis bela diri di dalamnya, Hapkido memiliki 3 prinsip yaitu Hwa (Harmonis) Won (Melingkar) dan Yu (Mengalir) yang mengartikan bahwa Hapkido adalah seni bela diri yang mengalirkan kekuatan lawan dan tidak melawan kekerasan dengan kekerasan.

"Karena ini cabang olahraga baru, maka diharapkan kedepannya dapat menciptakan atlet-atlet terutama cabang Hapkido dan ini merupakan harapan besar bagi anak-anak Tembilahan yang ingin meningkatkan prestasi di Pon bidang beladiri Hapkido," ucapnya.

Selain itu, drg. Iwid Prihantono menambahkan agar beladiri Hapkido ini dapat dikenal masyarakat dan anak-anak Tembilahan khusus kabupaten Inhil pengurus akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

"Jadi perekrutan ini dilakukan melalui dojang yang telah dibentuk oleh pengurus. Kedepannya kami akan melaksanakan sosialisasi tentang beladiri Hapkido, tujuanya sudah pasti memperkenalkan beladiri Hapkido kepada peserta didik dan masyarakat khususnya kabupaten Inhil," tuturnya.**






Tulis Komentar