Warga Sialang Panjang Antusias Ikuti Program Inovasi Dokter Menyentuh

Program Inovasi Dokter Menyentuh, diselenggarakan oleh Puskesmas Tembilahan Hulu yang berkerjasama dengan Puskesmas Pembantu (PUSTU) Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan, disambut baik oleh warga, Sabtu, (18/3/23).

Kilasriau.com - Program Inovasi Dokter Menyentuh, diselenggarakan oleh Puskesmas Tembilahan Hulu yang berkerjasama dengan Puskesmas Pembantu (PUSTU) Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan, disambut baik oleh warga, Sabtu, (18/3/23).

Hal ini dapat dilihat dari antusias dari warga desa Sialang Panjang yang ikut berpartisipasi untuk memeriksakan diri.

Diketahui pemeriksaan ini mulai dari balita hingga orang dewasa dan lansia. Yang dimana ini dilakukan untuk mengetahui keluhan warga terkait dengan  kesehatannya.

Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu Rosdinah melalui Kepala Pustu Desa Sialang Panjang Nuraini mengatakan bahwa pelaksanaan ini hari berjalan dengan lancar dan aman.

"Alhamdulillah, warga desa Sialang Panjang sangat antusias untuk memeriksakan kesehatan baik itu balita, orang dewasa hingga lansia," kata Nuraini.

Jadi, kata Pustu Sialang Panjang, total keselurahan yang mengusung pemeriksaan ini ada 64 orang yang terdiri dari balita, dewasa dan lansia.

"Dari hasil pemeriksaan untuk 13 balita yang hadir terdapat 9 anak yang mengarah ke gizi kurang dan untuk orang dewasa dan lansia rata-rata mengeluh dengan hipertensi dan Diabetes Melitus," jelasnya.

Dan untuk balita yang mengarah ke stunting tadi, PUSTU Sialang Panjang, Nuraini menabahkan, akan berkoordinasi dengan pihak desa untuk mengambil langkah-langkah untuk menekan angka stunting ini.

"Setelah mendapatkan data ini, kami akan melaporkan ke pihak desa. Tujuannya ialah langkah apa yang akan diambil dalam menekan angkat stunting ini. Bisa saja nanti memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahkan memberikan bantuan suplemen," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh dr Reihana menambahkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini ialah meliahat dan memantau kesehatan para warga yang ada di desa khususnya Sialang Panjang.

"Kami berharap dengan pelaksanaan ini dapat langsung memantau kesehatan warga. Apalagi dalam pemeriksaan sudah banyak kita mendengarkan keluhan kesehatan," ujar dr Reihana.

Ia menambahkan bahwa dari semua peserta yang melakukan pemeriksaan ini rata-rata mengeluh dengan hipertensidan Diabetes Melitus. Untuk balita semuanya sehat, meskipun ada beberapa yang mengarah gizi kurang.

"Maka dari itu, kami mengajak dan menghimbau kepada warga agar selalu rutin untuk memeriksakan kesehatannya, khususnya ibu yang memiliki balita agar selalu dipantau dan kita bisa membersihkan masukan bagai mana cara menangani kondisi balita gizi kurang," paparnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK desa Sialang Panjang, Yulianti Juber mengucapkan syukur karena kegiatan yang di taja Puskesmas Tembilahan Hulu yang berkerjasama dengan Puskesmas Pembantu (PUSTU) Sialang Panjang

"Alhamdulillah, warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dengan kegiatan ini pula kita bisa memantau perkembangan warga khususnya balita dan lansia kita," ucapnya.

Sesuai dengan instruksi Ketua TP-PKK kabupaten Inhil, Yulianti Juber menjelaskan bawa setiap puskesmas dan Pustus berusaha dan berupaya untuk menekan angka stunting yang ada di desa maupun di dusun.

"Oleh karena itu, kami telah melakukan berbagai porgaram. Baik itu, sosialisasi, memberikan pelatihan dan edukasi kepada warga serta memberiakan makanan suplemen untuk dikondisikan," jelasnya.

Maka dari itu, Ketua TP-PKK desa Sialang Panjang, Yulianti Juber berharap kepada warga agar selalu menjaga kesehatan serta rutin memeriksakan diri di puskesman ataupun di posyandu. Tujuannya sudah jelas supa warga bisa dipantau perkembangan kesehatannya.

"Oleh karena itu, butuh kerjasama semua pihak serta kesadaran dari warga untuk selalu memeriksakan secara rutin," imbuhnya.**






Tulis Komentar