Wanita Lansia Menangis Usai Terima BLT Dana Desa Pintu Gobang

PINTU GOBANG, KUANSING - Sebanyak 54 Keluarga Penerima Manfaat di Desa Pintu Gobang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap I Tahun 2023 di Halaman Kantor Desa Pintu Gobang, Kenegerian Kari, Jum'at (17/03/2023) pagi.

Masing-masing Keluarga Penerima Manfaat
(KPM) mendapat Bantuan Langsung Tunai  Dana Desa (BLT-DD) ini sebesar Rp. 300 ribu per bulannya di tahun 2023.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Pintu Gobang, Triwan Marlius mengatakan bahwa BLT-DD ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi, meningkatkan tanggung jawab sosial bersama dan sebagai perlindungan sosial masyarakat.

Triwan juga mengatakan bahwa, BLT-DD ini sangat bermanfaat bagi KPM, sebab dengan adanya BLT-DD ini, berdampak pada penurunan beban pengeluaran bagi KPM itu sendiri.

"Agar masyarakat kurang mampu tetap dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, kebutuhan sehari-hari," begitu dikatakan Triwan Marlius kepada Kilasriau.com di ruang kerjanya, Jum'at (17/03/2023).

“Jadi, setiap KPM menerima BLT-DD tahap awal ini diberikan untuk bulan Januari, sekaligus untuk bulan Februari dan Maret dengan nominal Rp. 300 ribu perbulannya,” kata Pj Kepala Desa.

Diterangkan Pj Kepala Desa Pintu Gobang, bahwa dari 54 KPM yang mendapatkan bantuan sosial, yang hadir di kantor desa hanya 50 orang.

"Yang 4 KPM lainnya kita antarkan ke rumah mereka masing-masing. Sekaligus menjenguk mereka yang dalam keadaan sakit," terangnya.

Saat penyaluran Bantuan Sosial itu, Tima Jahari (84), salah satu warga Pintu Gobang penerima BLT-DD mengaku sangat senang dan sangat berterimakasih pada Pemerintah Desa Pintu Gobang. Dirinya mengatakan, uang yang ia peroleh dari bantuan pemerintah ini akan digunakannya untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Terlihat, mata Tima Jahari berkaca-kaca saat menerima BLT-DD tersebut. Perempuan tua itu merasa sangat bahagia karena akhirnya mendapat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah di masa sulit sekarang ini.

“Alhamdulillah. Saya senang sekali. Terimakasih Wan," ucapnya kepada Pj Kepala Desa yang acap disapa Iwan itu, sembari memeluk dan menangis karena saking senang dan bahagianya.

Dana bantuan senilai Rp. 300.000/bulan itu sangat berarti bagi dirinya. Dana yang diterimanya saat ini berjumlah Rp. 900 ribu itu akan digunakannya untuk membeli beras dan bahan pokok lainnya sebagai kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulillah, ada persiapan untuk kebutuhan di bulan suci Ramadhan," tutur Tima Jahari.

Tak henti Tima Jahari mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Pintu Gobang yang memberi perhatian terhadapnya. Dirinya berharap agar program pemberian BLT ini berkelanjutan di masa mendatang.

“Saya harap tidak hanya selama 2023 ini saja, tapi di tahun-tahun berikutnya semoga ada lagi bantuan seperti ini. Bagi orang kecil seperti saya, bantuan seperti ini sangat berarti,” imbuh Tima Jahari.

Bukan hanya Tima Jahari, penerima lainnya seperti Nardiana alias Cadiana (65) yang kelihatan juga merasa sangat senang dan bahagia sekali menerima BLT-DD ini.

”Alhamdulillah, saya sangat senang sekali dan terimakasih pada Pemerintah Desa Pintu Gobang, terutama kepada Iwan selaku Kepala Desa Pintu Gobang atas kepeduliannya terhadap warga masyarakat kurang mampu," ujar Cadiana dengan mengucap rasa syukur.

"Uang yang saya terima ini akan saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya berobat,” kata Cadiana kepada Pj Kades Pintu Gobang berterus terang.

Diketahui masyarakat Pintu Gobang, bahwa memang Cadiana sering melakukan pengobatan dengan pelayanan medis secara rutin. Menurut keterangan Pj Kepala Desa, Cadiana mengalami masalah dalam mengingat sesuatu.

"Hal yang dialami Cadiana bisa saja disebabkan oleh faktor usia, dan Cadiana setiap 1 bulan sekali tetap berobat," terang Pj Kepala Desa Triwan Marlius mengatakan.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Pintu Gobang, Zulputra mengatakan bahwa seluruh KPM di Pintu Gobang ditetapkan melalui proses yang ketat. Semula usulan calon KPM berasal dari masing-masing Rukun Tetangga (RT). Kemudian data itu diverifikasi dan disinkronkan dengan data penerima bansos lain di tingkat dusun.

Dikatakan Sekdes, calon KPM yang diketahui sudah menjadi KPM bansos lain dicoret. Selanjutnya usulan di bawa ke forum musyawarah desa khusus (musdesus). Usulan kembali diverifikasi secara menyeluruh. Kemudian hasil proses itu ditetapkan pada forum tersebut.

“Nah, para KPM yang sudah ditetapkan ini sudah memenuhi kriteria sebagai penerima Bantuan Dana Desa," begitu kata Sekdes yang biasa dipanggil Putra itu.

Disampaikan Putra, ada sebagian kecil yang sudah masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tapi belum tercover program bansos.

"Mudah-mudahan ke depan mereka berpeluang mendapatkan bansos lain dari pemerintah,” demikian kata Sekdes Pintu Gobang, Zulputra menyampaikan.

Hadir dalam giat tersebut Pj Kades Pintu Gobang, Triwan Marlius, Babhinkamtibmas, Edi muslim, Pendamping desa, Babinsa, Zul abdi, anggota BPD,
Perangkat desa, dan para KPM.(*)






Tulis Komentar