Banjir-Longsor Terjang 3 Kecamatan di Barru Sulawesi Selatan

Kilasriau.com, - Banjir dan longsor menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel). Atas kejadian itu, warga diminta dievakuasi ke tempat aman.

"Ada beberapa kecamatan yang terdampak banjir dan cuaca buruk. Antara lain Kecamatan Balusu, Kecamatan Pujananting dan Tanete Riaja," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Barru, Umar Sinampe saat dikonfirmasi detikSulsel, Jumat (23/12/2022).

Peristiwa itu terjadi usai hujan mengguyur sejak kemarin hingga (23/12) hari ini. Peristiwa itu membuat masyarakat panik.

"Hujan sejak kemarin, tetapi yang lebat itu sejak tadi pagi. Ini juga masih belum berhenti hujannya," paparnya.

Umar menuturkan sejumlah rumah warga terendam banjir di Kecamatan Balusu. Pihaknya pun telah mengarahkan perahu karet untuk mengevakuasi warga.

"Di Desa Balusu, Kecamatan Balusu itu ada dua dusun terdampak banjir. Ada beberapa warga juga minta dievakuasi karena panik, tapi data lengkapnya saya belum dapat," paparnya.

Sementara di Kecamatan Pujananting dan Tanete Rilau dampak cuaca buruk membuat terjadinya longsor di sejumlah titik. Umar mengaku masih memantau data titik longsor dari pemerintah setempat.

"Ada longsor di Desa Harapan, di sana itu Kecamatan Pujananting, ada juga di Kecamatan Tanete Riaja, tetapi belum diupdate sebab petugas masih di lapangan semua," jelasnya.

Selain banjir, dampak lain cuaca buruk juga membuat sejumlah rumah warga menjadi rusak. Tepatnya dialami warga di Kelurahan Tanete, Kecamatan Tanete Rilau.

"Ada lima rumah warga yang terdampak di sana (Kelurahan Tanete). Kerusakan yang terjadi pada bagian atap yang rusak dan terbang akibat angin kencang," paparnya.






Tulis Komentar