Puncak Bogor Terapkan Ganjil-genap Saat Nataru

Kilasriau.com, - Polisi menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Salah satunya dengan menerapkan ganjil genap di sepanjang jalur Puncak, Bogor.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan ganjil genap (gage) di jalur Puncak Bogor akan dilakukan mulai hari Jumat (23/12) besok. Ganjil genap dilakukan hingga hari Minggu (25/12) pukul 24.00 WIB.

"Ganjil genap kita laksanakan perhari Jumat jam 15.00 WIB sampai dengan Minggu jam 24.00 WIB," kata Dicky kepada wartawan di Simpang Gadog, Kamis (22/12/2022).

Ganjil genap telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021. Ganjil genap berlaku untuk kendaraan mobil maupun motor.

"Penebalan personel yang telah kita siapkan dalm rangka Operasi Lilin Lodaya 2023 ini kita maksimakan pada pelaksanaan gage," ujarnya.

Tujuan ganjil genap untuk menguras volume kendaraan yang hendak memasuki kawasan Puncak sehingga bisa meminimalisasi kepadat

"Tujuannya itu untuk mengembalikan kapasitas daya tampung jalan terhadap kendaraan yang masuk," tuturnya.

Untuk rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) akan dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan di jalur Puncak. Selain itu, sebanyak 200 lebih personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalur Puncak.

"Jumlah personel pada weekday 210, itu merupakan gabungan. Kemudian 250 personel pada weekend," pungkasnya.






Tulis Komentar