Lamongan Diguyur Hujan Es Sebesar Kuku Orang Dewasa

Kilasriau.com, - Fenomena hujan es terjadi di Lamongan, tepatnya di Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng. Sejumlah unggahan di media sosial menampilkan hujan es dan angin kencang yang sempat mengguyur desa tersebut.

Dalam beberapa video pendek yang beredar, hujan es yang melanda Desa Latukan tersebut sebesar kuku jari orang dewasa, Sabtu sore (17/12/2022). Selain itu, fenomena hujan es tersebut juga menimbulkan bunyi ketika menimpa atap rumah warga. Dalam video yang diterima detikJatim, hujan es batu itu berbentuk seperti kerikil. "Latukan hujan es," kata warga dalam video pendek yang beredar.

Salah seorang warga Desa Latukan, Laili (30) membenarkan hujan itu. Hujan es itu, tambah Laili, menghujani atap rumah dan menimbulkan suara yang cukup keras.

"Iya tadi ada hujan es, sekitar jam 15.00 pas bareng dengan hujan deras," kata Laili.

Laili mengaku, awalnya ia tidak menyadari jika ada hujan es. Namun, karena suara butiran es yang jatuh bersama hujan menimbulkan suara, akhirnya ia tahu kalau di desanya sedang ada hujan es. Bahkan, butiran es juga banyak berjatuhan di depan rumahnya. Laili menyebut hujan es itu terdengar cukup keras dari dalam rumahnya. "Ukurannya kecil mas, paling ya seujung jari dan suaranya ya klutuk-klutuk pas kena atap," ujarnya.

Durasi hujan es yang melanda desanya tidak terlalu lama yaitu sekitar 10 menit. Hanya saja, hujan es yang terjadi di Desa Latukan tersebut juga disertai angin kencang.

"Hujan esnya tidak lama, sekitar 10 menitan saja, tapi hujannya yang lama," terangnya.

Hujan es yang terjadi di Desa Latukan ini juga diakui oleh Risti, warga Desa Latukan lainnya. Risti menyebut hujan es yang melanda desanya tidak berlangsung lama.

"Diluk (sebentar) mas, tapi deras plus angin kencang," imbuh Risti.

Saat ini, warga menyebut jika hujan es sudah tidak ada. Namun hujan masih deras mengguyur kawasan Desa Latukan dan beberapa kawasan lain di Lamongan.






Tulis Komentar