Sinergikan Program Pemerintah Daerah, Pemdes Pinang Jaya Senantiasa Baca Al-Quran

Demi mencapai keefektifan program gerakan magrib mengaji yang menjadi program pemerintah dalam menstimulus anak agar senantiasa membaca ayat suci Al-Quran, Pemerintah Desa (Pemdes) Pinang Jaya, kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau

Kilasriau.com - Demi mencapai keefektifan program gerakan magrib mengaji yang menjadi program pemerintah dalam menstimulus anak agar senantiasa membaca ayat suci Al-Quran, Pemerintah Desa (Pemdes) Pinang Jaya, kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau kerahkan pengajian di setiap mesjid dan musholla.

"Kegiatan pengajian anak - anak dilaksanakan di masing - masing mesjid dan musholla," kata kades Pinang Jaya Abdullah, Rabu (30/3/22)

Kades Pinang Jaya Abdullah menjelaskan bahwa pelaksanaan magrib mengaji di Desa yang ia pimpin dilaksanakan setiap malam, terkecuali pada malam jumat. hal ini, sesuai arahan Bupati Kabupaten Inhil Muhammad Wardan agar senantiasa ada kegiatan pengajian di setiap mesjid. Pelaksanaan ini pula, tersebar di masing-masing parit dan dilaksanakan di mesjid dan musholla daerah setempat.

"Gerakan magrib mengaji tidak ada dilaksanakan di rumah, semua dilaksanakan di mesjid dan musholla setiap malam terkecuali pada malam Jum'at, karena melaksanakan baca yasinan berjamaah," jelasnya.

Ia mengakui tidak terdapat kendala dalam menerapkan kegiatan tersebut, baik dari segi akses menuju tempat pengajian, pelaksanaan kegiatan maupun honor yang diberikan. Dan ini sesuai dengan karakteristik standar ketentuan. Guru yang terdata juga mempunyai pengalaman yang sudah lama dalam mendidik anak membaca ayat suci Al-Quran.

"Pada hakikatnya semua guru mengaji yang kami pilih berdasarkan potensi mereka, Sedangkan honorer yang kami berikan tentunya sesuai dengan arahan yaitu sebesar Rp.300 Ribu per orangnya," tuturnya.






Tulis Komentar