DP2KBP3A Inhil Gelar Sosialisasi PUG

KILASRIAU.com, - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menggelar sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kecamatan Tembilahan Tahun 2022 di Aula Gedung Wanita Sungai Beringin, Jumat (18/11/22).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas  DP2KBP3A Inhil, R Arliansyah mengatakan Pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan laki-laki dan perempuan dalam proses pemantauan dan evaluasi dari seluruh aspek kehidupan dan pembangunan.

"Melalui sosialisasi PUG ini semua program pembangunan dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu bersama mewujudkan kesetaraan gender pada lembaga pemerintahan terkhusus di kabupaten Inhil," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengarustamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Hj. Netty Kurniawati sebagai Narasumber menyampaikan bahwa gender merupakan konstruksi sosial budaya yang dapat berubah dan diubah sesuai dengan perkembangan zaman, situasi, dan kondisi.

“Gender disini artinya bukanlah jenis kelamin, perempuan, atau urusan yang berkaitan dengan perempuan, akan tetapi gender di PUG ini berarti perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang dibentuk oleh masyarakat dan bersifat dinamis," terangnya

Lanjutnya, kesetaraan gender disini berarti kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.

“Jadi dengan kata lain, ketika merencanakan program dan kegiatan, pastikan bahwa pembangunan itu juga dapat dinikmati oleh perempuan, lansia perempuan dan laki-laki maupun anak perempuan dan laki-laki," pungkasnya.






Tulis Komentar