Administrasi Publik Fisipol UIR Berikan 500 Bibit Tumbuhan, Salahsatu Program Pengabdian Masyarakat

 

KAMPAR - Program Pengabdian Masyarakat yang diberi nama Pendidikan Lapangan Administrasi Publik (PLAP) oleh Mahasiswa administrasi publik Fisipol UIR di bawah naungan ketua program study administrasi publik Fisipol UIR, Lilis suriani, S.Sos.,M.S

Dalam hal ini Fisipol UIR melibatkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Herman, S.Sos.,M.Si, divisi acara Program PLAP ini membuat berbagai macam program pengabdian masyarakat di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar yang di ketuai oleh Dita melia Septa. Jum'at, (05/11/2022).

Program PLAP ini merupakan program Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik dipimpin oleh Bupati mahasiswa Alhamdi Fikri.

Dikatakan Fikri, salah satu programnya adalah penyerahan bibit tumbuhan sebanyak 500 bibit yang diperuntukkan untuk masyarakat desa Tanjung yang melibatkan kerjasama atau MOu dengan pihak pemerintahan desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar.

" Ini salahsatu Program Study Administrasi Publik Fisipol UIR. Sekaligus melakukan penandatanganan berkas MOu antara kedua belah pihak, yang langsung ditandatangani oleh kepala desa Tanjung, Darmendra dan Ketua program study Administrasi Publik Fisipol UIR," terangnya.

Dikatakan Fikri, bibit tumbuhan yang diberikan berjumlah 500 bibit. Ini terdiri dari 5 jenis tumbuhan, diantaranya 100 bibit tumbuhan mahoni, 100 bibit tumbuhan durian, 180 bibit tumbuhan matoa, 100 bibit tumbuhan nangka, dan 20 bibit tumbuhan pulai.

"Bibit tumbuhan ini didapatkan dari pengajuan proposal berupa pengadaan bibit kepada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Indragiri Rokan oleh tim panitia," ungkapnya.

Program penyerahan 500 bibit ini melibatkan langsung ketua program study administrasi publik Fisipol UIR dan kepala desa Tanjung, dengan langsung penyerahan secara simbolis kepada pemerintahan desa Tanjung.

"Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penghijauan desa dengan menanam bibit tumbuhan agar terlihat asri," kata Fikri.

"Selain itu, kegiatan penyerahan 500 bibit ini tidak hanya diikuti oleh perangkat desa yang ada di Desa Tanjung, akan tetapi, mahasiswa administrasi publik Fisipol UIR selaku peserta pengabdian masyarakat yang berjumlah 131 orang juga turut berpartisipasi dalam program ini," kata Fikri menuturkan.

Kegiatan penyerahan 500 bibit bersama pemerintahan desa Tanjung merupakan kegiatan yang positif dilakukan di masyarakat umum.

Kegiatan seminar ini sangat bermanfaat bagi pemerintahan desa Tanjung karena selain untuk memperindah kawasan desa, dengan adanya 500 bibit ini dapat mengurangi sedikit banyak nya polusi udara yang ada di desa Tanjung.

"Mungkin dampaknya belum terasa pada saat ini, akan tetapi, insyaAllah apabila sudah tumbuh besar pohon-pohon ini, akan sangat menguntungkan bagi masyarakst setempat," demikian Bupati Mahasiswa Fisipol UIR, Alhamdi Fikri menyampaikan.(*)






Tulis Komentar