Diskop dan UMK Inhil Monitoring UMKM Binaan ‘Peyek Bunda Nabil’

KILASRIAU.com, - Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Indragiri Hilir memonitoring Usaha Mikro Kecil Menengah binaan yakni Peyek Bunda Nabil di jalan Jl. Gerilya parit. 8 Tembilahan.

Kadis Koperasi melalui Kasubag Keuangan dan Perlengkapan Hj Sri Wahyuni menuturkan bahwa tujuan dari monitoring ini ialah untuk melakukan pemantauan dan sekaligus pembinaan langsung kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Inhil. 

"Pelaksanaan Monitoring ini bertujuan untuk mendampingi atau memberikan Pembinaan kepada pelaku UMKM dan Koperasi. Untuk itu, kami berharap para pelaku usaha agar selalu menjaga kebersihan produk-produk yang di pasar ke masyarakat," kata Sri Wahyuni.

Pemilik Peyek Bunda Nabil, Miranti Batu Baramenuturkan bahwa sejak dibantu oleh pemerintah melalui Dinas Koperasi, umkm miliknya semakin berkembang dan menjadi salah satu tempat untuk berburu oleh-oleh bagi para pengunjung yang datang ke Kabupaten Inhil.

"Usaha ini sudah saya geluti sejak 4 tahun dan peyek bunda Nabil ini telah memiliki sertifikat halal dan juga NIB yang dibantu oleh Dinas Koperasi dan UKM Inhil," ujarnya.

Ia mengatakan untuk omset perbulan yang didapatnya dari UMKM ini mencapai 5 juta. 

"Olahan Peyek Bunda Nabil bahan bakunya dari produk lokal dengan isi bervariasi seperti kacang hijau, teri, Papai (udang kering), kacang tanah, kacang kedelai, serta adapun seperti mix kacang dan teri, dengan omset perbulan 4 sampai 5jt, 1 minggu 2 box untuk olahan, perhari 10 bungkus sekitar 5 kg dengan Harga 10 sampai 40 ribu, dan mix teri kacang 100 ribu, untuk peningkatan sendiri biasa seperti pada saat lebaran penjualan meningkat" ujarnya.

Terakhir ia mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Koperasi Inhil yang telah memberikan bantuan sehingga UMKM ini semakin lebih baik lagi.

Pemasaran Peyek Bunda Nabil mengikuti perkembangan zaman seperti online atau melalui medsos (Facebook, WhatsApp) dan sudah ada di swalayan-swalayan, atau bisa menghubungi nomor 082360523255.






Tulis Komentar