Peringati Hari Pahlawan, DP2KBP3A Inhil Edukasi Anak Sekolah Pentingnya Mengenal Para Pahlawan

Dalam rangka meringati Hari Pahlawan ke-77, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir (DP2KBP3A Inhil), mengedukasi anak-anak sekolah pentingnya mengenal para pahlawan.

KILASRIAU.COM - Dalam rangka meringati Hari Pahlawan ke-77, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir (DP2KBP3A Inhil), mengedukasi anak-anak sekolah pentingnya mengenal para pahlawan.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Inhil R Arliansyah melalui Kabid Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) dan Pemenuhan Hak Anak (PHA), DP2KBP3A Inhil Fitri Astuti, SST, menjelaskan bahwa, mengedukasi anak-anak tentang makna hari pahlawan tentu saja harus di jelaskan sesuai dengan usia anak-anak tersebut.

"Menanamkan rasa nasionalisme sejak kecil penting sekali agar anak-anak bisa mencintai bangsa dan negaranya, tumbuh menjadi orang yang menghargai warisan, keragaman dan sejarah bangsanya," kata Fitri saat dikonfirmasi via WhatsApp, Jum'at (12/11/22).

Fitri menambahkan, salah satu cara yang mungkin dilakukan pada anak usia sekolah, menjelaskan tentang sejarah, mengenalkan tentang pahlawan-pahlawan, dan makna hari pahlawan itu sendiri bisa menjadi salah satu cara menumbuhkan rasa nasionalisme itu.

"Menceritakan bagaimana semangat dan rasa memiliki seluruh pahlawan-pahlawan kita dari berbagai daerah didalam berjuang membela negara akan menimbulkan semngat dan rasa berjuang anak-anak," tuturnya.

Dan, memberikan pengertian kepada mereka bahwa rasa juang dan semangat pahlawan itu ada juga pada mereka. Bagaimana mereka, cara mereka mengekspresikan rasa ini tentu saja yang paling tepat bukan di medan perang tetapi medan berjuang mereka adalah disekolah.

"Meraih prestasi dan tekun belajar adalah cara sederhana yang bisa mereka lakukan sebagai bentuk menghargai jasa para pejuang. Selain itu dengan menjelaskan makna tersebut dapat menimbulkan pemahaman kepada anak-anak, penting memiliki rasa persatuan yang sama dan mencintai bangsanya sendiri dengan sepenuh hati sebagai wujud anak-anak telah memilihara agar negara Indonesia tetap merdeka," pungkasnya.**






Tulis Komentar