Dorong Ekonomi Ibu Rumah Tangga, Pemkab Lingga Berikan Pelatihan Keterampilan

KILASRIAU.com, - Berbagai upaya dilakukan dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan pangan masyarkat, salah satunya dengan melatih keterampilan kepada warga.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, dimana masyarakatnya diberikan pelatihan keterampilan membuat olahan berbahan dasar rumput laut.

Pelatihan yang digelar pada Selasa (25/10/2022) lalu mendapatkan respon baik dari masyarakat Desa Tanjung Lipat dan diikuti beserta 16 orang dan dibuat menjadi dua kelompok, kelompok 1 dengan nama Gonggong dan kelompok dua Serimping.

Tidak hanya memberikan pelatihan keterampilan, dalam kegiatan itu, peserta pelatihan juga diajarkan menghitung harga pokok penjualan Produk rumput laut.

Kadis Perikanan Kabupaten Lingga Sutarman menyampaikan bahwa, pelatihan yang diberikan ini dilihat dari komoditi tertinggi.

“Kami melihat rumput laut sebagai salah satu komoditas usaha yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dengan begitu, pelatihan ini dapat membuka peluang usaha baru ataupun menambah komoditas usaha bagi masyarakat. setelah pulih dari pandemi Covid-19, pemerintah terus mengupayakan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Sutarma.

Untuk menopang ekonomi rumah tangga, melalui kegiatan ini Dinas Perikanan bersama Ketua TP-PKK Lingga berkomitmen mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan.

"Nantinya Produk rumput laut yang dibuat dapat dikemas dengan menarik seperti produk yang ada di pusat perbelanjaan, dengan mencantumkan nomor izin usaha dan logo halal MUI, serta dipasarkan melalui media sosial,” harap Sutar.






Tulis Komentar