Sidak Kesatuan Pembuatan SIM, Kapolri Komentari 4 Orang Yang Gagal Tes SIM

KILASRIAU.com, - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melakukan sidak ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, sempat berdiskusi dengan petugas soal test pembuatan SIM. 

“Ini kalau gagal ujian praktik bisa langsung ulang?” tanya Kapolri ke petugas.

Mendengar pertanyaan tersebut, Kompol Akasa selaku Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya memberi penjelasan. 

“Siap jenderal dikasih waktu ulang 14 hari kemudian,” kata Kompol Akasa.

Sigit lalu meminta agar proses pengajuan SIM agar diselesaikan hari ini juga. Dia meminta, agar petugas tak membuat masyarakat kesulitan. Apalagi harus pulang pergi ke Satpas SIM. 

"Kalau bisa kasih kesempatan dua kali pada hari yang sama. Karena makan waktu juga jika datang lagi. Tadi saya dengar ada yang 4 kali gagal. Terus dikasih pelatihan dulu masyarakat sebelum ujian,” imbuh Sigit.

Ujian Praktik SIM Dilakukan On-line

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka rapat kerja nasional (rakernis) Korlantas Polri di Tangerang, Banten, Rabu (10/3) meminta pembuatan SIM dilakukan secara online.

“Sebagai contoh misalkan ujian SIM dengan menggunakan aplikasi sehingga bisa dilaksanakan online, bagaimana membuat STNK, BPKB dengan menggunakan teknologi informasi sehingga masyarakat tidak perlu hadir. Cukup dengan menggunakan aplikasi dan nanti setelah selesai akan dikirim dengan delivery system,” ujar Sigit.

Untuk itu, Sigit berharap dalam rakernis nantinya akan dibuat suatu kesepakatan bersama yang melahirkan solusi terbaru dalam pelayanan Polri.

“Ini tadi jadi concern kami sehingga tampilan Polri dalam memberi pelayanan ke masyarakat bisa jadi tampil lebih baik,” ucapnya.






Tulis Komentar